Kiat Merawat Tanaman Mangga agar Cepat dan Rajin Berbuah

Pertanianku— Tentu buah merupakan tujuan yang diinginkan ketika seseorang menanam mangga. Tujuan tersebut dapat dicapai apabila cara pemeliharaan yang dilakukan sudah benar. Pada dasarnya merawat tanaman mangga tidak begitu sulit, Anda perlu melakukan penyiraman, penyiangan dan penggemburan, pemangkasan, dan pemupukan.

merawat tanaman mangga
foto: pertanianku

Penyiraman

Bibit tanaman mangga yang baru ditanam perlu disiram secara rutin pada pagi dan sore hari. Penyiraman bisa Anda sesuaikan dengan kondisi cuaca yang sedang berlangsung. Pada musim kemarau, penyiraman dilakukan dua kali sehari. Sementara itu, saat musim hujan penyiraman dilakukan satu kali sehari.

Penyiraman tidak boleh menyebabkan media tanam tergenang air siraman karena akan menyebabkan akar tanaman terserang cendawan akibat tingkat kelembapan terlalu tinggi. Penyiraman lebih mudah dilakukan dengan menggunakan gembor agar air siraman terdistribusi lebih merata dan tidak merusak tanaman.

Penyiangan dan penggemburan

Waktu penyiangan dan penggemburan dapat dilakukan bersamaan dengan pemupukan. Rumput atau gulma yang tumbuh di sekitar tanaman harus dicabut hingga ke akar-akarnya. Buang gulma tersebut agar tidak tumbuh lagi di sekitar tanaman. Setelah itu, lakukan penggemburan agar media tanam di sekitar tanaman tidak padat.

Penggemburan sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan. Penggemburan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak akar di dalam tanah.

Pemangkasan

Pemangkasan bertujuan merangsang pertumbuhan tunas baru secara bersamaan, membesarkan tanaman dari cabang parasit (cabang yang daunnya tidak terkena sinar matahari), membentuk tajuk, mengurangi kelembapan, membuat percabangan menjadi kokoh dan tersebar rata ke seluruh penjuru mata angin, serta membuat tanaman cepat berbuah. Pemangkasan pada tanaman mangga bisa Anda simak di sini.

Pemupukan

Tanaman yang masih berumur 3—4 bulan perlu diberi pupuk urea sebanyak 100—150 gram per tanaman. Pemupukan dilakukan dengan cara ditaburkan secara tipis-tipis pada parit yang melingkar di bawah tajuk dan ditimbun tanah, kemudian segera beri air. Saat tanaman sudah berumur satu tahun, berikan pupuk kandang sebanyak 15 kg per tanaman. Pemupukan tersebut harus dilakukan setiap enam bulan sekali, yaitu pada awal dan akhir musim hujan.

Baca Juga:  Pemangkasan Belimbing yang Tidak Membuat Tanaman Merana

Saat tanaman sudah menjelang berbunga, berikan pupuk dengan kandungan fosfor dan kalium yang tinggi untuk merangsang pembungaan. Berikan pupuk NPK (15:15:15) sebanyak 1—2 kg/tanaman dan ditambah NPK 8:24:24 atau NPK 1:30:40 sebanyak 100—200 gram/tanaman.

Berbagai kebutuhan agar tanaman mangga cepat dan rajin berbuah, bisa Anda dapatkan di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam keperluan berkebun, mulai dari peralatan berkebun hingga pupuk dan pestisida. Salah satunya, NaFos, pupuk organik padat yang kaya unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

NaFos dapat memacu pertumbuhan bunga dan buah, meningkatkan pertumbuhan akar dan batang tanaman, meningkatkan kadar gula buah sehingga kesegaran buah tahan lebih lama, memperbaiki struktur tanah akibat pengolahan dan pemupukan kimia, serta menurunkan kadar kemasaman tanah.

Pemakaiannya pun cukup mudah. Anda bisa mencampurkannya langsung dengan tanah saat pengolahan tanah ataupun memasukkannya ke lubang pupuk. Keunggulan NaFos ini antara lain mudah larut dalam air, tidak berbau, dan aman bagi lingkungan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau mengunjungi lokasi Toko Trubus terdekat.