Kiat Sukses Beternak Ayam Kampung Petelur

Pertanianku — Beternak ayam kampung petelur makin diminati masyarakat. Ini karena permintaan telur ayam kampung juga mengalami peningkatan. Kandungan protein yang terkandung di dalam telur ayam kampung lebih tinggi jika dibandingkan dengan ayam negeri. Selain itu, kelebihan telur ayam kampung adalah kadar keamisannya lebih rendah.

 

ayam kampung petelur
foto: pixabay

Sebelum memulai beternak ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal yang dapat memengaruhi hasil ternak.

Loading...

Pemilihan lokasi peternakan

Lokasi yang dipilih sebaiknya berada di lokasi yang luas, udara yang segar, dan kondisi lingkungan yang tenang. Hindari lokasi yang memiliki tingkat kebisingan tinggi seperti dekat lapangan terbang. Kondisi bising dapat memengaruhi tingkat produktivitas ayam dalam menghasilkan telur karena ayam akan mudah stres.

Pemilihan kandang

Biasanya ayam kampung dipelihara dengan kandang ekstensif, yaitu kandang yang digunakan hanya saat hujan dan malam hari, selebihnya ayam dibiarkan diumbar begitu saja. Namun, ada baiknya Anda menggunakan kandang intensif agar lebih sistematis. Jenis kandang yang digunakan harus sesuai dengan bibit yang digunakan.

Beternak dari induk ayam

Cara ini membutuhkan lahan dan biaya awal yang lebih besar serta membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, beternak dari induk ayam membutuhkan pengetahuan yang baik tentang cara memelihara induk ayam dan penetasan telur. Namun, cara ini memiliki kelebihan tidak bergantung pada kelangkaan ayam dara yang beredar di pasar.

Apabila usaha dimulai dari membeli induk, kandang yang dibutuhkan ada 3, yaitu kandang induk penghasil bibit, kandang DOC, dan kandang baterai.

Beternak dari DOC (day old chick)

Beternak dari DOC (day old chick) masih terbilang jarang dilakukan karena ketersediaan DOC ayam kampung yang masih terbatas. Meskipun, saat ini sudah mulai banyak pengusaha yang tertarik menjual DOC ayam kampung petelur.

Baca Juga:  Kiat Sukses Tingkatkan Produksi Susu Ternak

Jika usaha dimulai dari membeli telur tetas atau DOC, kandang yang diperlukan adalah kandang DOC dan kandang baterai.

Beternak dari ayam dara

Cara ini merupakan cara yang paling banyak digunakan oleh para peternak karena dianggap lebih praktis dan membutuhkan waktu yang singkat. Dalam waktu satu bulan ayam dara sudah siap bertelur. Jika usaha dilakukan dari bibit ayam dara, kandang yang diperlukan hanya kandang baterai.

Sayangnya ketersediaan ayam dara di pasar tidak terlalu banyak sehingga peternak tidak dapat melakukan ternak dengan jumlah yang besar.

Pemeliharan ayam kampung petelur

Jika ayam kampung tidak dirawat dengan baik, otomatis akan menjadi ayam pedaging. Aspek yang paling berpengaruh adalah kandang, pemberian pakan, dan penghilangan sifat mengeram dari ayam kampung.

Loading...
Loading...