Kiat Sukses Budidaya Pembesaran Ikan Nila

Pertanianku— Ikan nila merupakan ikan air tawar pertama yang paling banyak diproduksi karena permintaannya yang tinggi. Segmentasi usaha budidaya ikan nila terbagi menjadi dua, yaitu pembenihan dan pembesaran ikan nila. Setiap segmentasi usaha tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan keahlian serta kebutuhan.

pembesaran ikan nila
foto: pertanianku

Segmentasi pembenihan ikan nila bertujuan menghasilkan benih yang bisa dijual pada pelaku usaha pembesaran ikan nila. Sementara, segmentasi usaha pembesaran nila bertujuan untuk menghasilkan ikan nila yang siap konsumsi. Bagi Anda pemula dalam bidang budidaya lebih disarankan untuk melakukan segmentasi pembesaran karena proses pemeliharaannya relatif lebih mudah.

Anda hanya perlu menggunakan pakan yang bagus untuk mendapatkan pertumbuhan ikan yang lebih cepat. Namun, tak hanya penggunaan pakan yang berkualitas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena menjadi penunjang keberhasilan pembesaran ikan nila, simak ulasan berikut.

Loading...

Pelihara nila jantan saja

Tujuan pembesaran adalah menghasilkan bobot ikan yang disukai oleh konsumen sehingga target dari usaha ini adalah pertambahan bobot. Dibandingkan dengan betina, ikan nila jantan memiliki pertumbuhan yang lebih cepat. Jika jenis ikan nila yang Anda dapatkan betina, Anda bisa mengubah benih nila betina menjadi jantan semua dengan teknik tertentu.

Anda tidak membutuhkan nila betina karena tujuan dari pembesaran adalah bobot. Sementara, nila betina lebih dibutuhkan untuk menghasilkan benih yang berkualitas.

Pastikan kondisi air baik

Pakan yang baik memang sangat dibutuhkan jika ingin mendapatkan pertumbuhan yang cepat. Namun, kondisi air yang baik juga sama pentingnya untuk menunjang pertumbuhan ikan. Ikan yang berada di air yang bersih akan lebih cepat tumbuh. Jika ikan dipelihara di tambak, salinitas air yang bisa mendukung pertumbuhan ikan adalah 10 ppt dengan perairan yang cukup subur dan pemberian pakan secara kontinu.

Baca Juga:  Ukuran Pakan yang Diberikan Harus Sesuai dengan Ukuran Ikan

Gunakan hampang pada kolam pemijahan

Anda perlu menggunakan hampang di dalam kolam pemijahan dan pendederan. Hampang tersebut akan memudahkan Anda untuk menangani proses pembenihan ikan agar dapat tumbuh dengan baik.

Budidaya sistem polikultur

Budidaya ikan nila bisa dilakukan secara polikultur dalam keramba jaring. Biasanya, ikan nila ditempatkan di bawah jaring apung dan pada bagian jaring atasnya digunakan untuk membudidayakan ikan karper.

 

 

 

Loading...
Loading...