Kiat Sukses Cegah Pertumbuhan Cendawan di Sirip Rumah Walet

Pertanianku — Cendawan yang tumbuh pada bagian sirip rumah walet bisa menjadi salah satu penyebab burung walet pergi. Cendawan tersebut biasanya muncul ketika tingkat kelembapan sudah berada di atas 95 persen. Kondisi tersebut sangat sering terjadi ketika musim hujan, kondisi papan sirip menjadi lembap dan mudah ditumbuhi cendawan.

sirip rumah walet
fot: pertanianku

Jika pertumbuhan cendawan tidak dicegah atau dibiarkan begitu saja, walet dapat kabur dari rumah walet untuk mencari lokasi yang lebih nyaman.

Sirip rumah walet yang sudah ditumbuhi cendawan akan memiliki bercak putih atau hitam di permukaannya. Sirip menjadi licin sehingga walet susah bertengger. Cendawan juga bisa menimbulkan aroma yang tidak disukai oleh walet.

Selain tingkat kelembapan yang tinggi, faktor lain yang menjadi penyebab munculnya cendawan pada sirip rumah walet adalah penggunaan kayu yang belum kering dan kayu muda.

Anda bisa mencegah pertumbuhan cendawan dengan membuat ventilasi dengan pipa PVC berdiameter 10 cm. Pipa dipasang dengan jarak 3m × 3m. Jumlah ventilasi yang terlalu sedikit dapat menyebabkan tingkat kelembapan naik.

Namun, Anda mesti waspada karena bisa saja ventilasi tersebut ditutupi oleh sarang burung gereja. Untuk mencegah hal tersebut, tutup bagian ujung pipa PVC dengan kawat ram.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah pertumbuhan cendawan adalah penggunaan kipas angin. Kipas angin dapat membantu sirkulasi di dalam rumah burung walet menjadi lebih aktif sehingga tingkat kelembapan di dalam kandang menjadi tidak terlalu tinggi.

Papan sirip yang sudah terlanjur diserang cendawan harus segera dilap dengan lap kain kering, kemudian dilanjutkan dengan penyikatan menggunakan sikat kawat. Setelah cendawan hilang, sirip dilap kembali dengan kain yang diberi alkohol 70 persen. Alkohol tersebut berguna untuk membunuh cendawan yang kemungkinan masih menempel di papan sirip.

Baca Juga:  Upaya Ditjen PKH Kementan untuk Menstabilkan Perunggasan Nasional Menjelang Idulfitri

Penggunaan alkohol harus dilakukan secara hati-hati, apalagi jika populasi burung walet cukup banyak. Pasalnya, bau alkohol dapat mengganggu kenyamanan walet.

Solusi lain untuk mengatasi cendawan yang sudah muncul adalah dengan menggunakan obat anticendawan. Jika cendawan sudah menyerang hampir sebagian besar sirip di dalam rumah walet, Anda perlu mengganti sirip secara bertahap.