Kiat Sukses Melakukan Pemijahan Ikan Lele

Pertanianku — Ikan lele termasuk ikan air tawar yang sangat digemari oleh orang Indonesia, bahkan ada banyak jenis menu yang dibuat dari daging ikan berkumis ini. Kondisi tersebut juga sejalan dengan banyaknya pembudidaya ikan lele di setiap daerah. Benih yang digunakan oleh pembudidaya berasal dari proses pemijahan ikan lele yang dilakukan oleh pembenih.

pemijahan ikan lele
foto: pertanianku

Pada dasarnya ada tiga metode untuk pemijahan ikan lele, yaitu pemijahan alami, pemijahan semibuatan, dan pemijahan buatan. Terlepas dari ketiga metode tersebut, masih ada beberapa kiat yang bisa dilakukan pembudidaya agar proses pemijahan lele berhasil, simak ulasannya di bawah ini.

Lokasi pemijahan

Proses pemijahan tidak memerlukan lokasi yang luas. Luasan yang ideal untuk pemijahan sekitar 1.000 m2. Akan tetapi, jika kondisi kurang memungkinkan, pembudidaya juga bisa menggunakan luasan lahan kurang dari 1.000 m2.

Lebih disarankan untuk memilih lokasi yang jauh dari lokasi pemukiman penduduk karena proses budidaya dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap sehingga mengganggu kenyamanan penduduk. Lokasi pemijahan sebaiknya dekat dengan sumber air karena air merupakan kebutuhan utama dalam budidaya ikan.

Sumber air

Sumber air yang digunakan harus bersih dan tidak tercemar oleh logam serta bahan kimia beracun. Sumber air ini di antaranya mata air gunung, air tanah, air sungai, atau air PAM. Air yang akan digunakan lebih baik ditampung terlebih dahulu untuk mengendapkan bahan-bahan organik dan anorganik yang terbawa masuk ke kolam.

Siapkan wadah dan substrat

Untuk setiap induk dengan bobot 0,5—1 kg diperlukan satu buah bak pemijahan berukuran 1 × 2 × 0,5 meter atau 1 × 1 × 0,5 meter. Kolam yang digunakan harus dicuci terlebih dahulu agar kotoran dan lumutnya menghilang. Berikan juga kakaban sebagai tempat menempelnya telur ikan. Kakaban dibuat dari ijuk dan ditempatkan pada bagian dasar bak. Sementara itu, bagian atas bak ditutup oleh seng atau triplek untuk mencegah induk keluar.

Baca Juga:  Teknik Penanganan Penyakit Ikan yang Benar

Ukuran panjang kakaban yang digunakan sekitar 75—100 cm dengan lebar 30—40 cm. Kakaban yang dibutuhkan untuk satu pasang induk lele dengan berat induk betina sekitar 500 gram, sebanyak 3—4 buah.

Induk betina dan jantan

Pilih induk yang sudah matang kelamin dan siap dipijahkan. Pilih induk yang sudah cukup umur.