Kiat Sukses Melewati Masa Kritis Anak Itik

Pertanianku Masa kritis anak itik terjadi pada periode starter, yaitu saat anak itik masih berusia 1—14 hari. Pada masa tersebut, anak itik sedang berupaya untuk beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga memerlukan perlakuan khusus agar anak itik tidak kaget, stres, lalu berujung pada kematian. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir risiko kematian saat masa kritis anak itik.

masa kritis anak itik
foto: Pertanianku

Gunakan kandang starter

Anak itik bisa lebih aman jika dipelihara di dalam kandang starter. Tingkat kepadatan di dalam kandang harus disesuaikan dengan ukuran luas kandang, jangan sampai tingkat kepadatan terlalu tinggi sehinga menyebabkan anak itik sulit bergerak dan tidak bisa mendapatkan makanan secara merata.

Di dalam kandang diberikan pemanas khusus seperti brooder untuk menjaga suhu tubuh anak itik agar tetap hangat. Bagian atas kandang anak itik ditutup, lalu dibuka secara perlahan-lahan hingga anak itik sudah berumur lebih dari delapan hari.

Berikan air gula merah dan vitamin

Anak itik yang sudah terlihat tenang berada di dalam kandang bisa diberikan air gula merah dengan dosis 50 gram per 1 liter air. Air gula merah berkhasiat untuk menghilangkan stres pada anak itik yang baru saja melakukan perjalanan.

Setelah diberikan air gula merah, anak itik bisa diberikan air minum yang dicampur dengan vitamin. Gunakan dosis yang sesuai dengan anjuran, biasanya dosis anjuran sudah tertera di dalam kemasan vitamin. Vitamin diberikan selama satu minggu agar tubuh itik selalu sehat dan merangsang nafsu makan.

Pakan anak itik

Anak itik yang sudah segar dan sehat bisa diberikan pakan sedikit demi sedikit. Pakan yang diberikan harus sesuai dengan ukuran bukaan mulut anak itik.

Baca Juga:  Alasan Kandang Kambing Etawa Jantan Harus Dipisah dengan Betina

Pemindahan anak itik

Anak itik sudah bisa dipindahkan ke kandang bersekat terbuka setelah berumur dua minggu. Pada umur tersebut, anak itik sudah cukup kuat untuk bertahan hidup.

Pantau perkembangan anak itik setiap hari

Anak itik harus terus dipantau setiap hari untuk meminimalisir adanya anak itik yang tidak mendapatkan pakan. Jika ada anak itik yang kalah bersaing mendapatkan pakan, Anda perlu memisahkan anak itik tersebut.

Lantai kandang

Lantai kandang harus selalu dalam keadaan kering ketika anak itik masih berumur 1—8 hari untuk mencegah adanya bibit penyakit yang bersarang.

 

 

 


loading...