Kiat Sukses Mempercepat Proses Ganti Bulu Burung Murai

Pertanianku — Burung secara alamiah akan mengalami ganti bulu setiap tahunnya. Kerontokan bulu burung murai bisa terjadi kapan saja dengan berbagai sebab. Proses pergantian bulu harus diperhatikan agar berjalan lancar karena akan berpengaruh terhadap pada proses penjodohan dan produksinya.

bulu burung murai
foto: pertanianku

Ganti bulu pada burung murai tidak terjadi di seluruh tubuh dalam satu waktu, tetapi hanya di beberapa bagian. Kerontokan bulu juga tidak akan berlangsung sekaligus dalam satu waktu, tetapi satu per satu. Pertumbuhan bulu baru biasanya relatif cepat sekitar 40—45 hari sudah akan balik seperti semula.

Mempercepat perontokan bulu dapat dilakukan dengan perawatan seperti biasa dengan memberi pakan yang sesuai dengan porsi yang tepat, menjaga air minumnya agar tetap bersih, dan memandikan serta menjemur burung lebih singkat dari biasanya. Namun, Anda harus perhatikan beberapa hal di bawah ini agar proses ganti bulu dapat berjalan lancar.

Loading...

Menjaga burung dari gangguan

Burung yang sedang mengalami ganti bulu harus dilindungi dari binatang seperti kucing, tikus, atau binatang lainnya yang dapat mengganggu ketenangan.

Selain dari binatang pengganggu, gangguan juga dapat berasal dari burung lain yang suaranya dapat membuat burung murai tidak nyaman. Oleh karena itu, burung harus ditaruh di ruangan yang jauh dari jenis burung lain atau jauh dari jangkauan binatang pengganggu.

Menjaga kestabilan suhu tubuh

Saat mengganti bulu, burung harus dijaga suhu tubuhnya agar tetap stabil. Menjaga kestabilan tubuh dapat dilakukan dengan cara menutup sangkar burung sepanjang hari saat dan setelah dimandikan ataupun dijemur.

Sangkar ditempatkan di tempat yang sejuk dan hindari tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung. Pada malam hari, ruangan tempat menyimpan sangkar burung harus diberi lampu yang tidak terlalu terang. Lampu berguna untuk menenangkan burung yang sedang berganti bulu.

Baca Juga:  Kenali Keuntungan Ekonomi Pohon Pinus

Memberi obat perontok bulu

Untuk mempercepat proses perontokan, dapat dibantu dengan pemberian obat perontok bulu sesuai dengan dosis dan anjuran. Obat perontok bulu dapat Anda temui dengan mudah di berbagai toko-toko penjual obat dan pakan burung.

Loading...
Loading...