Kiat Sukses Mencegah Burung Puyuh Kanibal

Pertanianku — Bukan hanya ayam yang memiliki sifat kanibal secara alami, burung puyuh juga memiliki sifat tersebut dan dapat muncul ketika manajemen pemeliharaan yang diterapkan salah. Umumnya, burung puyuh kanibal disebabkan oleh faktor kepadatan kandang dan ketersediaan pakan yang kurang sehingga menyebabkan burung puyuh saling mematuk. Jika kondisi tersebut dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan dapat mengakibatkan kematian.

burung puyuh kanibal
foto: Pertanianku

Sifat kanibal burung puyuh disebabkan oleh burung menyukai aroma darah dan warna merah yang ditimbulkan akibat luka. Burung tidak akan berhenti mematuk saat melihat warna merah dan sudah mencium aroma darah. Kondisi tersebut mengakibatkan burung puyuh yang sudah terluka akan semakin tersiksa hingga mati.

Anda perlu menerapkan manajemen pemeliharaan yang benar untuk mencegah kanibalisme pada burung puyuh. Simak ulasan berikut!

Kondisi kandang

Siapkan kandang berukuran besar dan lakukan kegiatan monitoring secara berkala untuk memantau keadaan setiap burung puyuh di dalam kandang. Kegiatan monitoring berfungsi untuk mencegah sifat kanibal pada burung puyuh telanjur parah. Umumnya, faktor yang menyebabkan puyuh kanibal ialah tingkat kepadatan yang terlalu tinggi dan kerapian bangunan kandang kurang tepat.

Burung puyuh dapat terluka jika kondisi kandang tidak rapi, seperti ada kawat yang terbuka dan kawat tersebut melukai burung puyuh. Kondisi tersebut akan menyebabkan sifat kanibal burung puyuh lainnya muncul.

Pakan

Anda perlu menjamin ketersediaan pakan burung puyuh. Hal ini karena burung puyuh dapat saling menyerang apabila kebutuhan pakannya tidak terpenuhi. Jumlah pakan akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya umur burung puyuh. Jika pakan langsung habis dalam sehari, Anda perlu menambah sedikit demi sedikit jumlah pakan yang diberikan. Pakan tidak boleh dibatasi karena dikhawatirkan juga dapat memengaruhi produktivitasnya.

Baca Juga:  Sederet Manfaat Kroto sebagai Pakan Andalan Burung Kicau

Air minum

Tidak hanya pakan, Anda juga perlu memerhatikan air minum yang diberikan. Air minum harus berupa air bersih.

Obati burung yang sudah telanjur terluka

Jika mendapati burung puyuh yang sudah terlanjur terluka, Anda perlu memisahkan burung yang terluka. Obati dengan cairan antiseptik agar lukanya cepat mengering dan tidak ada infeksi.