Kiat Sukses Mencegah Serangan Jamur pada Ikan Hias

Pertanianku— Ikan peliharaan yang tidak dirawat dengan baik, rentan terserang jamur. Biasanya, jamur pada ikan hias akan menyerang luka yang disebabkan oleh pathogen lain dan akan membuat luka tersebut semakin parah. Ada beberapa cara pencegahan yang bisa Anda lakukan agar jamur tidak menyerang ikan hias Anda, simak ulasan berikut ini.

jamur pada ikan hias
foto: pixabay

Kepadatan kolam

Kepadatan suatu kolam harus benar-benar diperhatikan karena selain berpengaruh dengan kondisi ikan, kepadatan kolam juga memengaruhi kondisi kebersihan kolam. Kolam yang terlalu padat dapat membuat ikan menjadi stres karena sering bergesekan. Ikan di dalam kolam jadi lebih sering berkompetisi untuk merebutkan pakan, oksigen, dan ruang gerak.

Loading...

Selain itu, tingkat kepadatan yang tinggi menyebabkan penumpukan feses di dalam kolam meningkat sehingga kandungan amonia menjadi tinggi.

Teknik yang kurang baik

Penanganan yang kurang baik selama proses pengangkutan, penanganan, dan pemeliharaan membuat ikan lebih mudah terluka sehingga stres. Luka tersebut rentan diserang oleh jamur yang dapat memperburuk keadaan ikan. Ikan yang sudah stres ditandai dengan keluarnya lendir di sekujur tubuh ikan.

Adanya luka pada tubuh

Luka tersebut menjadi jalur masuk bagi parasit seperti jamur ke dalam jaringan tubuh ikan. Oleh karena itu, Anda harus meminimalisir ikan terluka agar jamur atau parasit tidak bisa masuk ke tubuh. Keberadaan parasit dapat memperburuk keadaan ikan dan membuat pathogen lain masuk ke jaringan tubuh ikan.

Kandungan polutan yang tinggi

Kandungan polutan yang tinggi di dalam media air juga bisa menyebabkan stres pada ikan karena kualitas air menurun. Ikan yang stres lebih mudah terserang oleh parasit seperti jamur. Kualitas air yang kurang baik menyebabkan kandungan oksigen di dalam air menurun. Hal tersebut dapat menurunkan kondisi fisiologis ikan.

Baca Juga:  Arwana Brazil Silver, si Ikan Naga Perak

Aktivitas perkawinan

Aktivitas perkawinan yang tidak dilakukan dengan hati-hati mengakibatkan terlalu banyak energi yang dikeluarkan. Hal ini dapat menyebabkan ikan menjadi stres dan menimbulkan kerusakan pada tubuh secara fisik.

Perubahan temperatur air

Kondisi media air bisa menjadi penyebab ikan terserang jamur. Salah satu yang menyebabkannya adalah perubahan temperatur yang terjadi secara drastis.

Loading...
Loading...