Kiat Sukses Menghasilkan Cupang Kontes

Pertanianku — Cupang merupakan ikan hias yang tak pernah tenggelam oleh zaman. Dari tahun ke tahun akan tetap ada saja permintaan dan berbagai kontes yang diadakan oleh komunitas hobiis pencinta cupang. Hal tersebutlah yang membuat banyak peternak cupang berusaha untuk menghasilkan cupang kontes yang berkualitas.

cupang kontes
foto: pixabay

Sebagian orang hanya menyukai cupang sebagai hewan peliharaan yang dapat menghilangkan rasa penat, jenuh dan stres. Namun, karena semakin banyaknya yang menyukai cupang membuat hewan ini menjadi hewan kontes.

Pada mulanya cupang dikenal sebagai hewan yang diadu karena di habitat aslinya cupang merupakan ikan yang agresif. Bahkan, tak jarang ada beberapa orang yang menernakkan cupang agar jago ketika diadu. Namun, saat ini semakin jarang orang yang mengadu cupang. Selain agresif, ikan ini memiliki penampilan indah yang menarik. Penampilan itulah yang sering dijadikan kontes.

Tubuh ikan cupang memiliki warna yang indah dan ekornya pun sangat anggun. Gerakannya yang indah, warna yang menarik, dan bentuk siripnya membuat semakin banyak orang menyukainya. Ketiga indikator tersebut juga sering dijadikan sebagai penilaian dalam kontes.

Untuk menciptakan cupang kontes berkualitas yang layak untuk ditampilkan dalam kontes sebenarnya agak sulit. Sebaiknya, gunakan induk berkualitas yang pernah menjadi pemenang dalam berbagai kontes. Hal tersebutlah yang membuat cupang kontes memiliki nilai jual yang tinggi.

Tak heran jika ada beberapa pemilik cupang yang juara, tetapi tidak ingin menjualnya. Sebab, cupang tersebut dapat digunakan sebagai indukan yang akan menghasilkan cupang kontes generasi berikutnya.

Cara lain untuk menghasilkan cupang berkualitas kontes adalah mendatangi pemilik cupang yang juara dan membeli burayak cupang darinya. Atau, Anda juga dapat mengunjungi beberapa toko ikan yang menjual cupang berkualitas, lalu Anda lakukan percobaan kawinkan dengan indukan yang berkualitas juga.

Baca Juga:  Kenal Lebih Jauh dengan Cucakrawa Asal Medan

Ada beberapa hasil persilangan yang tidak diperbolehkan untuk ikut kontes. Namun, ikan tersebut masih akan tetap mendatangkan keuntungan karena bisa dijual eceran.


loading...