Kiat Sukses Menghasilkan Melon Manis, Renyah, dan Tahan Hingga 35 Hari

Pertanianku — Selain penampilan buah yang prima, konsumen juga menginginkan buah melon yang manis, renyah, dan bisa tahan dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, biasanya melon hanya bisa bertahan 10 hari pasca panen. Anda bisa menghasilkan buah melon manis, renyah, dan tahan hingga 35 hari dengan mengikuti beberapa kiat di bawah ini.

buah melon
foto; pixabay

Buah melon yang manis, renyah, dan bisa bertahan lama tentunya akan memiliki nilai jual yang tinggi. Hal ini akan sangat menguntungkan Anda meraih konsumen kelas atas yang sangat mementingkan kualitas buah. Berikut ini beberapa kiat yang bisa diikuti.

Cairan rumen

Siapkan starter berupa mikroba pengurai dari cairan usus halus dan lambung sapi atau kerbau. Cairan ini bisa diperoleh dari tempat pemotongan hewan. Bahan tersebut tidak boleh terkena air dan harus difermentasikan dengan 200 liter dengan bahan rumen sebanyak 5 liter. Bahan rumen tersebut bisa didapatkan dari 5 ekor sapi.

Pupuk tambahan

Berikan pupuk tambahan setelah bunga berbentuk pentil buah. Pengocoran pupuk dilakukan setiap 5—7 hari atau bisa dilihat dari kondisi daun. Jika pucuk masih berbentuk mangkok, pengocoran dilakukan di hari ketujuh. Namun, jika pucuk daun datar, hal tersebut merupakan pertanda bahwa tanaman kekurangan nitrogen, lakukan pengocoran kembali.

Sumber fosfat dan kalium

Masukkan 5 liter larutan decomposer, 2 liter molases, dan 3 liter air kelapa ke dalam drum berkapasitas 20 liter. Tambahkan nanas halus untuk menambah aroma. Masukkan pupuk guano sebanyak 5—10 kg dan 5—10 kg cacahan bonggol atau batang pisang dan celupkan ke dalam drum MOL. Setelah 21 hari fermentasi, MOL yang sudah kaya P dan K sudah siap diberikan pada tanaman. MOL yang akan diberikan harus diencerkan terlebih dahulu dengan perbandingan 1:20.

Baca Juga:  Khasiat Semangka untuk Kesehatan

Tanam melon

Tanam bibit melon yang didapatkan dari hasil persemaian berumur 4—6 hari dengan dua helai daun. Upayakan agar tanaman utuh tidak ada yang terpotong, agar tanaman tidak stres. Tanam bibit dengan jarak tanam 60 cm × 60 cm.

Masih ada banyak kiat sukses lainnya yang bisa membantu Anda untuk menghasilkan melon berkualitas dan tahan hingga 35 hari lamanya dalam buku Berkebun Melon Unggul terbitan Penebar Swadaya.

 

 

 

 

 


loading...