Kiat Sukses Mengusir Hama dari Kebun Sayur Organik

Pertanianku — Saat ini banyak pekebun yang tertarik untuk menghasilkan sayuran organik seiring dengan pergantian gaya hidup. Namun, untuk menghasilkan sayur organik bukan merupakan perkara yang mudah karena ada banyak hambatan yang bisa ditemukan ketika berkebun. Hambatan yang menjadi momok adalah hama. Hama dapat menyerang kebun sayur organik sehingga sayur yang dihasilkan menjadi kurang menarik.

sayur organik
foto: Pertanianku

Untuk mendapatkan sayur organik, Anda tidak bisa menggunakan pestisida kimia dan harus menggunakan pestisida organik. Cara kerja pestisida organik terbilang lebih lambat dibanding pestisida kimia. Oleh karena itu, sebelum hama menyerang, lebih baik Anda mencegah serangan tersebut.

Berikut ini beberapa kiat untuk meminimalisir serangan hama pada kebun sayur organik.

Pagari kebun dengan tanaman perdu untuk mencegah thrips

Thrips menjadi hama yang paling sering membuat pekebun kesal. Hama ini bisa datang kapan saja dan di mana saja. Untuk mencegah serangan hama thrips, Anda dapat membuat pagar di sekeliling kebun dengan menggunakan tanaman perdu, seperti tagetes, mimba, cengkih, lamtoro, atau srikaya. Thrips akan lebih tertarik dengan tanaman pagar yang ditanam di sekeliling kebun sehingga tanaman sayuran organik Anda tidak diserang oleh hama thrips.

Tanaman bunga matahari

Bunga matahari, golden shower, dan Brexia madagascariensis mampu mengalihkan perhatian serangga sehingga bisa menyelamatkan sayuran organik Anda. Para serangga akan berkumpul di tanaman bunga tersebut.

Gunakan tanaman mimba, srikaya, lamtoro, atau cengkih

Tanaman-tanaman tersebut bisa digunakan untuk membenah tanah, menahan polusi, dan diracik menjadi insektisida nabati yang sewaktu-waktu dibutuhkan. Dengan adanya tanaman tersebut, tekstur tanah di sekitar kebun menjadi lebih baik.

Serai wangi

Tanaman serai wangi ditanam di tengah kebun atau pematang untuk menangkal hama. Tanaman serai wangi mengandung aroma Cymbopogon nardus yang sangat menyengat sehingga membuat hama-hama semakin menjauh.

Baca Juga:  Kementan Siapkan EWS untuk Antisipasi Fluktuatif Harga Cabai

Tanaman repellen

Tanaman repellen terdiri atas geranium, lavender, dan mint. Ketiga tanaman tersebut memiliki fungsi yang sama seperti serai wangi, yaitu mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh hama sehingga tanaman sayuran terselamatkan dari serangan hama.


loading...