Kiat Sukses Meningkatkan Hasil Rendemen Minyak Atsiri

Pertanianku — Minyak atsiri merupakan minyak multifungsi yang bisa digunakan untuk keperluan apa pun. Minyak ini didapatkan langsung dari tanaman, mulai dari tanaman rempah hingga tanaman hias. Rendemen minyak atsiri merupakan perbandingan jumlah minyak yang dihasilkan dari ekstrasi tanaman aromatik.

rendeman minyak atsiri
foto: Pixabay

Semakin banyak hasil rendemen yang didapatkan, keuntungan yang akan dihasilkan semakin besar. Berikut ini beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan hasil rendemen minyak atsiri.

Budidaya tanaman dengan baik

Tanaman yang dibudidayakan dengan baik dapat menghasilkan rendemen yang lebih banyak. Budidaya yang baik dilakukan dengan menyesuaikan antara tanaman dan jenis tanah. Tanaman tentu saja bisa tumbuh subur jika ditanam di lokasi yang sesuai. Perhatikan juga varietas tanaman yang digunakan karena tidak semua varietas tanaman bisa menghasilkan rendemen berkualitas.

Jangan lupa berikan pupuk agar tanaman bisa tumbuh dengan subur. Pupuk merupakan sumber nutrisi yang sangat penting bagi tumbuhan. Hal terakhir yang juga dapat memengaruhi jumlah rendemen yang didapatkan adalah umur dan waktu panen tanaman.

Ketahui dengan pasti umur tanaman yang memiliki kandungan minyak atsiri terbanyak. Misalnya, nilam merupakan tanaman aromatik yang mengandung minyak atsiri tertinggi ketika masih muda dan berwarna hijau.

Selain umur, ketahui juga waktu panen yang baik agar bisa mendapatkan tanaman dengan kandungan minyak yang cukup tinggi. Namun, hingga saat ini masih jarang informasi mengenai waktu panen terbaik.

Lakukan prosedur pengolahan dengan benar

Setelah proses budidaya sudah dilakukan dengan benar. Selanjutnya, Anda perlu melakukan proses pembuatan sesuai dengan langkah-langkah yang sudah ditentukan. Proses penanganan yang tidak tepat dapat menyebabkan rendemen minyak menjadi tidak maksimal.

Proses yang asal-asalan dapat membuat sebagian minyak terbuang percuma saat persiapan bahan sebelum dilakukan penyulingan. Oleh karena itu, sebelum melakukan pengolahan, cari tahu terlebih dahulu perlakuan pendahuluan, metode pembuatan minyak, konstruksi alat, jenis adsorben, waktu dan lama ekstrasi atau penyulingan.

Baca Juga:  Varietas Unggul Baru Cengkih Siantan Agribun Asal Anambas

Informasi mengenai cara pengolahan minyak atsiri dengan benar bisa Anda baca lebih lanjut di dalam buku Panduan Lengkap Minyak Atsiri + CD. Untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi usaha, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.

 


loading...