Kiat Sukses Meningkatkan Produksi Susu Kambing Perah Etawa Ras Kaligesing

Pertanianku Kambing perah etawa ras Kaligesing merupakan kambing perah dengan tingkat produktivitas susu yang rendah jika dibandingkan dengan jenis kambing perah lainnya. Namun, Anda tetap dapat meningkatkan produktivitas kambing perah etawa ras Kaligesing dengan beberapa cara berikut.

kambing perah etawa ras kaligesing
foto: Pertanianku

Pakan yang diberikan

Untuk meningkatkan produktivitas kambing perah, Anda dapat memberikan pakan berupa legume atau hijauan lain dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Kadar protein tersebut mampu memengaruhi kadar lemak susu yang dihasilkan. Legume yang bisa Anda berikan adalah daun singkong, gliricidia, kalinadar, daun sengon, daun nangka, mahoni, rumput taiwan, dan rumput gajah.

Pakan hijauan sebaiknya diberikan di pagi hari sebelum pakan tambahan diberikan dan sore hari setelah pakan tambahan. Jumlah yang diberikan sebanyak 10 persen dari berat harian.

Berikan pakan tambahan

Anda tidak bisa hanya mengandalkan konsentrat untuk meningkatkan produktivitas kambing perah. Anda perlu menambahkan onggok singkong basah, bekatul padi, dan kedelai pecah rebus. Pakan tambahan diberikan di pagi hari setelah pakan hijauan dan sore hari sebelum pakan hijauan. Jumlahnya sebanyak 1—2 persen dari bobot harian. Komposisi pakan tambahan yang bagus terdiri atas onggok singkong 50 persen, bekatul padi 25 persen, dan kedelai rebus 25 persen.

Pepaya muda dan umbi singkong

Berikan cacahan buah pepaya muda dan umbi singkong. Buah pepaya yang diberikan sebaiknya dicuci dan dijemur terlebih dahulu. Sementara itu, umbi singkong harus dibersihkan bagian kulit arinya, lalu dicacah dan diberikan kepada kambing.

Air minum dan vitamin yang selalu tersedia

Berikan vitamin B kompleks setiap seminggu sekali untuk menjaga daya tahan tubuh kambing. Selain itu, berikan juga garam dapur dan simpan di dalam kandang untuk mencegah kambing kekurangan mineral.

Baca Juga:  Penyakit Keropeng-keropeng di Sekitar Bibir Kambing

Berikan pijatan di bagian ambing

Pada pagi dan sore hari sebelum diperah, ambing harus dibasuh dengan air hangat, lalu dipijat dengan posisi telapak tangan ke atas seperti memegang mangkok. Proses pemijatan berlangsung selama 2—5 menit. Proses pemijatan tersebut dapat meningkatkan hasil susu sebanyak 25 persen.


loading...