Kiat Sukses Menjalankan Usaha Penggemukan Sapi

Pertanianku— Tiap segmentasi dalam agribisnis sapi perlu dijalankan sesuai dengan tujuannya agar hasil akhir yang diinginkan dapat tercapai. Usaha penggemukan sapi bertujuan menaikkan bobot sapi sebelum dijual. Usaha ini sering dilakukan oleh peternak tradisional yang mencari sapi remaja tetapi masih kurus. Kondisi tersebut sering disebabkan oleh pakan yang digunakan kurang tepat.

usaha penggemukan sapi
foto: Pertanianku

Peternak akan memelihara sapi yang masih kurus hingga bobot tubuhnya meningkat. Berikut ini beberapa kiat untuk Anda yang tertarik menjalankan usaha penggemukan sapi.

Gunakan sistem penggemukan modern

Penggemukan sapi dapat berjalan dengan lancar dengan sistem penggemukan sapi yang modern dengan menggunakan prinsip feedlot, yakni dengan memberikan pakan berupa hijauan dan konsentrat berkualitas dalam jumlah banyak di dalam kandang. Pada sistem penggemukan tersebut, jumlah konsentrat yang diberikan lebih besar dibanding hijauan.

Pemberian pakan dapat dilakukan melalui empat cara, yaitu penggembalaan (pasture fattening), dry lot fattening, kombinasi kedua cara tersebut, dan kereman yang lebih dikenal oleh peternak tradisional.

Berikan ransum tinggi protein dan energi

Penggemukan sapi dapat berjalan dengan baik apabila didukung dengan ransum yang banyak mengandung protein dan energi. Ransum tersebut dapat membuat pertumbuhan sapi lebih cepat dan perototan tubuh sapi terbentuk lebih bagus.

Pakan hijauan

Pakan hijauan dapat diberikan tiga kali sehari pada pagi, siang, dan sore hari sebanyak 10—12 persen dari tubuh sapi. Hijauan yang akan diberikan harus dilayukan terlebih dahulu sebelum diberikan pada ternak.

Jangan pernah memberikan pakan hijauan yang masih berembun. Hal ini karena rawan mengandung telur parasit. Selain itu, menyebabkan sapi mudah terkena penyakit kembung karena kandungan airnya masih terbilang tinggi.

Sumber protein

Baca Juga:  Pakan yang Tepat untuk Penggemukan Sapi Potong

Sumber protein yang dapat digunakan dalam konsentrat antara lain ampas tahu, bungkil kedelai, dan bungkil kapas. Konsentrat tersebut dapat diberikan sebanyak 1—2 persen dari bobot sapi.

Air minum

Anda perlu menyiapkan air minum secara terus-menerus di dalam kandang. Kebutuhan minum harian sapi pada masa penggemukan rata-rata sekitar 20—40 liter/ekor/hari. Anda juga perlu menambahkan vitamin dan suplemen untuk menambah nafsu makan.