Kiat Sukses Merawat Pohon Mangga Alpukat di Pekarangan Rumah

Pertanianku — Mangga alpukat memerlukan perawatan intensif untuk menghasilkan buah secara optimal. Merawat pohon mangga alpukat meliputi kegiatan penyiraman, penyiangan, pemupukan, dan pemangkasan. Simak ulasan berikut ini!

merawat pohon mangga alpukat
foto: pixabay

Penyiraman

Bibit yang baru ditanam memerlukan penyiraman yang dilakukan secara rutin dan teratur, yakni setiap pagi dan sore hari atau bergantung pada kondisi cuaca setempat. Saat musim kemarau, penyiraman dilakukan dua kali sehari karena media tanam mudah mengering. Penyiraman tidak diperbolehkan hingga media tanam tergenang air karena bisa membuat sistem perakaran terserang cendawan akibat tingkat kelembapan tinggi.

Loading...

Penyiraman bisa menggunakan gembor atau sprinkler agar air siraman bisa tersebar secara merata dan tidak menyebabkan tanaman rusak. Pada awal penanaman, penyiraman dilakukan setiap hari atau disesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

Penyiangan

Selama merawat pohon mangga alpukat, Anda harus rajin melakukan penyiangan sebanyak dua minggu sekali untuk membersihkan gulma yang mengganggu. Penyiangan dilakukan dengan membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman hingga batas terluar dari tajuk. Penyiangan bisa dilakukan dengan menggunakan sabit, cangkul, atau langsung dengan tangan.

Penyiangan tersebut bisa dilakukan pada saat penggemburan dan pemupukan. Gulma yang sudah disiangi harus dibakar atau dibuang ke tempat lain untuk mencegah rumput atau gulma tidak tumbuh lagi di sekitar tanaman.

Pemupukan

Pupuk harus diberikan secara rutin agar tanaman dapat tumbuh sehat dan optimal, mampu menghasilkan buah yang rimbun dan rasanya manis, serta tidak cacat. Pemupukan pohon dilakukan berdasarkan masa tumbuh yang terbagi menjadi dua, yakni pertumbuhan vegetatif dan generatif. Untuk merangsang proses pembungaan bisa diberikan pupuk KCl atau hormon atonik dengan konsentrasi 5 gram/liter. Pemberiannya dilakukan dengan cara disemprotkan.

Pemangkasan

Baca Juga:  Waspada! Serangga Biji Kakao Menyerang Saat Penyimpanan

Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada awal msim hujan atau satu bulan setelah pemupukan. Pemangkasan dilakukan pada bagian ruas atau buku tanaman, sekitar 50—60 cm di atas permukaan tanah. Pemangkasan terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan tujuannya, di antaranya pangkas bentuk, pangkas pemeliharaan, dan pangkas pembuahan. Salah satu fungsi pemangkasan adalah mengurangi penguapan dan mempercepat proses pembungaan.

Untuk bertanam mangga alpukat di pekarangan, Anda bisa mendapatkan bibit mangga alpukat unggul di Toko Trubus. Pada Agustus ini ada diskon 20% untuk pembelian mangga alpukat di Toko Trubus

Loading...
Loading...