Kiat Sukses Para Planter Kelapa Sawit di Indonesia

Pertanianku— Bisnis kelapa sawit di Indonesia semakin potensial setiap tahunnya karena kebutuhan kelapa sawit di dalam negeri makin meningkat. Untuk memenuhi permintaan yang ada, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten di bidang perkebunan kelapa sawit. Para SDM di bidang kelapa sawit yang andal pasti berawal dari planter kelapa sawit.

planter kelapa sawit
foto: Pertanianku

Ada banyak planter kelapa sawit yang sukses berkarier di dunia perkebunan. Misalnya, Hasjrul Harahap. Hasjrul memulai kariernya di dunia perkebunan sebagai asisten magang atau lebih akrab dikenal dengan sebutan mandor. Selanjutnya, berbagai posisi bergengsi telah ditempati Hasjrul, antara lain Direktur Utama PTP XXIII, ketua SBNPN (Staf Bina Perusahaan Negara), Menteri Muda UPPTK (Urusan Peningkatan Produksi Tanaman keras) periode 1983—1988, dan Menteri Kehutanan periode 1988—1993.

Kisah perjalanan Hasjrul di dunia perkebunan sangat menarik untuk diketahui. Pasalnya, Hasjrul berhasil merintis kariernya dari bawah hingga menjadi pimpinan perusahaan. Hasjrul terkenal sebagai seorang yang disiplin, kerja keras, dan jujur dalam bekerja.

Sosok lainnya ada Memet Hakim, planter kelapa sawit yang setia mengabdi di perkebunan. Memet merupakan anak ke-3 dari 12 bersaudara. Ia terlahir dari keluarga sederhana, sang ayah merupakan petugas administrator di Kehutanan, sedangkan ibunya hanya ibu rumah tangga.

Sejak kecil Memet mencintai ingkungan, bahkan sering diajak masuk ke hutan tapi dilarang untuk memotong ranting pepohonan. Didikan tersebut membuat dirinya sangat cinta dengan lingkungan.

Kisah Memet hampir sama seperti Hasjrul yang berhasil merintis kariernya di dunia perkebunan di mulai dari bawah hingga akhirnya Memet menjadi staf ahli, direksi, dan konsultan.

Masih ada banyak lagi kisah planter kelapa sawit yang bisa dijadikan sebagai motivasi untuk Anda yang sedang merintis karier dalam bidang yang sama. Kisah perjuangan mereka tidak selalu mulus, bahkan sempat mengalami masa-masa sulit. Yang terpenting, jangan pernah lelah untuk terus belajar dan ikhlas terhadap seluruh usaha yang sudah dilakukan.

Baca Juga:  Keunggulan Usaha Kangkung Hidroponik

Seluruh kisah planter kelapa sawit sukses dibahas lebih detail di dalam buku Kisah Sukses Planter: Sukses Membangun, Mengelola, dan Berkarir di Bidang Perkebunan. Buku tersebut diterbitkan oleh Penebar Swadaya, dan Anda bisa mendapatkan versi digitalnya di Google Book atau versi cetaknya dengan menghubungi WhatsApp Admin Penebar.