Kiat Sukses Pemasaran Sayur Organik Agar Mudah Diserap Konsumen

Pertanianku — Permasalahan yang kadang dirasakan oleh petani sayuran organik adalah produknya yang tidak bisa diserap oleh konsumen karena kurangnya informasi pemasaran sayur organik. Selain itu, sayuran organik yang dihasilkan memang cenderung lebih mahal dibanding sayuran konvensional. Anda bisa mengatasi permasalahan ini dengan beberapa kiat sukses pemasaran sayur organik agar bisa terserap oleh konsumen.

pemasaran sayur organik
foto: pexels

Lokasi perkebunan

Kebanyakan perkebunan sayuran organik dilakukan di tempat yang jauh dari pemukiman. Hal tersebut membuat para pekebun harus melalui jarak distribusi yang jauh, terjal, dan berbatu. Untuk memudahkan proses distribusi sayuran yang sudah dihasilkan, sebaiknya pilihlah lokasi yang tidak begitu jauh dari pemukiman atau pasar.

Loading...

Dengan memilih lokasi yang tidak terlalu jauh, biaya serta waktu untuk distribusi bisa lebih murah dan singkat. Sayuran merupakan bahan alami yang mudah layu. Jika sudah melalui proses distribusi yang jauh dan lama, kesegaran sayuran akan berkurang banyak.

Tampilan sayur

Pada umumnya, sayuran organik sangat wajar jika terdapat beberapa berlubang yang disebabkan oleh aktivitas hewan di sekitar kebun. Hal ini dikarenakan perkebunan yang tidak menggunakan pestisida kimia yang langsung bisa membasmi semua hama yang ada. Namun, konsumen tetap lebih menyukai tampilan sayur yang prima.

Sayur yang memiliki penampilan mulus, segar, dan cantik sangat disukai oleh konsumen. Selain itu, sayuran organik umumnya dijual tanpa akar dan sudah dikemas dengan rapi. Jika Anda bisa menjual sayur organik seperti itu, akan banyak pembeli yang loyal mengincar sayuran hasil perkebunan Anda.

Pemasaran sayur organik

Sayuran yang sudah dipanen dikemas dalam plastik transparan dengan bobot tertentu. Sebaiknya, pengemasan dilakukan dengan baik untuk menarik konsumen. Selanjutnya, sayur dipasarkan dengan cara dibawa langsung ke konsumen. Hanya sebagian kecil sayuran oganik bisa masuk ke pasar swalayan.

Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Madu Deli, Jambu Semanis Madu Tidak Berbiji

Jika dipasarkan di pasar swalayan, rak penyimpanan sayur pun harus dipisahkan dari sayuran nonorganik. Hal ini bertujuan untuk mencegah tercemarnya residu bahan kimia yang dibawa oleh sayuran nonorganik.

Mendapatkan konsumen secara mandiri

Saat ini sudah banyak pelaku usaha pertanian yang menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran yang jitu. Sebaiknya, gunakan media sosial untuk menarik pembeli. Lakukan strategi marketing dengan sasaran konsumen menengah ke atas. Anda perlu melakukan promosi, pengambilan foto dengan kualitas yang baik, serta informasi yang lengkap.

Loading...
Loading...