Kiat Sukses Pembenihan Ikan Lele

Pertanianku — Sudah banyak pelaku usaha pembenihan ikan lele tapi masih saja belum bisa memenuhi seluruh permintaan yang ada. Usaha pembenihan rakyat bisa Anda jumpai dengan mudah di Pulau Jawa, Bali-NTB, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Pemijahan merupakan kunci keberhasilan usaha pembenihan ikan lele.

pembenihan ikan lele
Foto: Pertanianku

Lele biasanya akan melakukan pemijahan saat musim hujan. Namun, jika dipelihara secara intensif ikan lele bisa melakukan pemijahan sepanjang tahun. Di habitat aslinya, lele memijah dengan meletakkan telur pada lubang yang sudah dipersiapkan oleh induknya. Proses pemijahan biasanya akan terjadi pada sore atau malam hari. Induk ikan lele dumbo dengan bobot 500 gram biasanya akan menghasilkan telur sebanyak 10.000—15.000 butir.

Manajemen pemeliharaan yang baik menjadi faktor penentu keberhasilan usaha pembenihan ikan lele. Berikut ini beberapa kiat sukses dalam menjalankan usaha pembenihan ikan lele.

Loading...

Pisahkan induk sebelum dipijah

Induk betina dan induk jantan yang akan dipijahkan sebaiknya dipisahkan terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya pemijahan dini dan mengakibatkan hasil yang didapat menjadi tidak optimal.

Hindari mengawinkan ikan satu keturunan

Jangan mengawinkan ikan dalam satu keturunan karena hal tersebut malah akan memperlemah keturunan dan kualitas benih yang didapat.

Ketinggian air

Ketinggian air yang digunakan untuk tingkat larva/benih kecil tidak boleh lebih dari 40 cm. Tujuannya untuk mencegah energi benih lele terkuras habis karena naik turun ke permukaan air untuk mendapatkan oksigen.

Pasokan air jernih

Gunakan media air yang jernih dan bersih serta bebas dari polutan. Pasokan air yang tidak baik bisa menyebabkan telur-telur ikan lele menjadi jamuran, rusak, dan bahkan bisa tidak menetas.

Hindari air hujan

Lindungi kolam pembenihan ikan lele dari air hujan langsung karena bisa menyebabkan kematian. Air hujan dapat mengubah kondisi air kolam. Ikan dalam kolam pembenihan ikan lele sangat sensitif dengan perubahan tersebut.

Baca Juga:  Cara Menjaga Daya Tahan Lele di Musim Hujan

Lakukan pendederan di kolam tanah

Saat masuk pada tahap pendederan sebaiknya gunakan kolam tanah agar benih dapat tumbuh besar dengan mutu yang baik dalam waktu yang lebih cepat.

Pasang kakaban atau ijuk

Ikan lele senang menempelkan telurnya pada substrat yang tersedia di dalam kolam, gunakan kakaban atau ijuk yang dijepit pada bilah bambu.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut cara sukses pembenihan ikan lele dengan membaca buku Bisnis Benih Lele Untung 200% terbitan Penebar Swadaya. Buku ini menyajikan informasi seputar pembenihan lele, mulai dari persiapan wadah, pemilihan induk, teknik pemijahan, hingga perawatan benih. Disajikan pula kalender kegiatan pembenihan hari per hari. Semakin lengkap dengan hadirnya kisah sukses para pebisnis benih lele yang bisa memotivasi Anda untuk mengikuti jejak mereka.

Loading...
Loading...