Kiat Sukses Pemberian Pakan Sapi Potong Saat Penggemukan agar Cepat Gemuk

    Pertanianku — Proses penggemukan sapi akan berjalan dengan lancar apabila proses pemberian pakan sapi potong dilakukan dengan benar. Sementara itu, teknik pemberian pakan tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus menyesuaikan dengan fase yang sedang dilalui sapi. Berikut ini cara memberikan pakan sapi potong yang benar.

    pakan sapi potong
    foto: Pertanianku

    Jumlah pakan

    Sapi potong yang sedang digemukkan perlu diberikan pakan harian sebanyak 3 persen bahan kering dari bobot total. Misalkan, bobot sapi sekitar 300 kg, jumlah pakan yang harus Anda berikan sebanyak 10 kg bahan kering/ekor/hari.

    Pertambahan bobot sapi potong dapat berjalan lebih cepat jika ternak diberikan pakan konsentrat sebanyak 50—70 persen dan sisanya dilengkapi dengan sumber serat seperti hijauan atau jerami. Jumlah minimal konsentrat yang dapat diberikan sebanyak 50 persen dan bisa diberikan lebih dari 70 persen apabila nafsu makan sapi sedang tinggi.

    Waktu pemberian pakan

    Pakan diberikan sebanyak dua kali pada pagi dan sore hari, yaitu pukul 07:00 dan 16:00. Pakan juga bisa diberikan malam hari, tetapi pakan yang diberikan adalah serat untuk mengantisipasi sapi kelaparan saat malam.

    Waktu pemberian pakan tidak boleh berubah-ubah untuk mencegah sapi kebingungan. Waktu pemberian pakan yang tidak teratur berpengaruh langsung terhadap pertambahan bobot sapi.

    Teknik pemberian pakan

    Teknik pemberian pakan sapiyang sedang digemukkan hampir sama seperti sapi yang masih dalam tahap pembibitan hingga pembesaran. Sapi diberikan pakan konsentrat terlebih dahulu, kemudian baru diberikan pakan hijauan.

    Pemberian konsentrat sebelum pakan hijauan berfungsi untuk memberikan pakan bagi mikroba yang ada di dalam rumen. Dengan begitu, mikroba di dalam rumen sudah siap dan aktif mencerna ketika pakan hijauan masuk ke tubuh sapi.

    Baca Juga:  Cara Menanam Seledri dari Pangkal Batang yang Masih Ada Akarnya

    Pemberian pakan menjadi salah satu kunci penting yang masih jarang disadari. Oleh karena itu, teknik pemberiannya masih jarang diperhatikan. Anda bisa membaca informasi lainnya mengenai pakan sapi potong pada buku Pakan Sapi Potong terbitan Penebar Swadaya. Di dalam buku tersebut membahas berbagai informasi mengenai pakan sapi potong yang sangat berguna untuk Anda. Untuk mendapatkannya sebagai referensi, Anda bisa menghubungi langsung WhatsApp admin Penebar Swadaya.


    loading...