Kiat Sukses Pembesaran Belut

Pertanianku Usaha pembesaran belut masih belum banyak dilakukan oleh masyarakat. Umumnya, hingga kini usaha budidaya belut masih belum menghasilkan hasil yang diharapkan. Padahal, jika menginginkan hasil yang optimal, harus dilakukan dengan benar. Akibatnya, banyak masyarakat yang kurang tertarik untuk melanjutkan usaha ini.

pembesaran belut
foto: pertanianku

Pembesaran belut bisa dilkaukan pada kolam tembok, kolam terpal, kolam jaring, dan tong/drum. Wadah tersebut bisa memberikan kontribusi yang baik selama proses pembesaran belut. Beberapa pembudidaya banyak yang gagal karena kesalahan penggunaan media budidaya dan pakan yang diberikan. Ada beberapa hal yang dapat memengaruhi keberhasilan usaha pembesaran belut, simak ulasan berikut ini.

Perhatikan media budidaya

Loading...

Sebelum memulai usaha sebaiknya pelajari dengan baik ilmu tetang budidaya belut agar mengetahui media yang tepat. Jika media budidaya yang digunakan belum siap atau tidak jadi, benih belut yang ditebar ke dalam media tersebut bisa mati.

Pemilihan benih

Benih merupakan modal awal usaha ini. Oleh karena itu, gunakan benih berkualitas dan jangan gunakan benih yang berasal dari penangkapan dengan strum.

Berikan larutan gula

Benih yang didistribusikan dengan jarak tempuh yang jauh harus disiram dengan larutan gula secukupnya selama 30 menit sebelum ditebar ke kolam.

Jangan hanya mengandalkan pakan alami di dalam media

Media yang dibuat biasanya juga disesuaikan dengan syarat hidup pakan alami agar pakan alami bisa berkembang biak dengan baik di dalam kolam. Namun, Anda tidak bisa hanya mengandalkan pakan tersebut. Anda harus tetap menyuplai pakan dari luar dengan takaran sesuai dengan ukuran. Pemberian pakan yang baik dapat mendorong produksi yang baik pula.

Mitra bisnis

Untuk kelancaran usaha, Anda perlu mencari mitra bisnis budidaya belut yang sudah berhasil agar bisa mendapatkan ilmu darinya. Apalagi saat Anda mengalami kendala selama proses budidaya. Biasanya trik yang berasal dari pembudidaya yang telah berhasil sangat jitu untuk diterapkan.

Baca Juga:  Jenis-jenis Sumber Air untuk Budidaya Ikan

Budidaya sendiri bahan pakan

Untuk menekan modal produksi, Anda bisa melakukan budidaya bahan pakan yang biasa diberikan pada belut. Biasanya, bahan pakan belut sangat mudah untuk dibudidayakan.

Anda bisa mempelajari kiat sukses pembesaran belut secara detail melalui buku Kupas Tuntas Budidaya Belut terbitan Penebar Swadaya. Buku ini memudahkan Anda dalam memberikan gambaran mengenai teknik budidaya belut yang praktis dan mudah dipraktikkan.

Pembahasannya dikupas tuntas dari hulu sampai hilir, mulai dari pengenalan tentang belum, budidaya belut mulai dari pembesaran dengan media air bening, pemilihan wadah pemeliharaan, pemberian pakan, panen dan pascapanen, sampai pemasaran belut. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan beberapa tips pemeliharaan.

 

 

Loading...
Loading...