Kiat Sukses Pembesaran Ikan Lele

Pertanianku — Lele merupakan ikan air tawar kedua terbanyak yang diproduksi setelah ikan nila. Hal ini dikarenakan permintaannya sangat tinggi tapi produksinya masih belum bisa menutupi seluruh permintaan tersebut. Ada dua segmentasi usaha budidaya lele, yaitu pembenihan lele dan pembesaran ikan lele. Kedua segmentasi tersebut sama-sama menguntungkan jika Anda benar-benar memahami caranya.

pembesaran ikan lele
foto: pertanianku

Pembesaran ikan lele merupakan segmentasi usaha yang dilakukan untuk menghasilkan ikan lele siap konsumsi. Para peternak akan membeli benih lele yang akan dibesarkan hingga ukuran siap konsumsi. Berikut ini beberapa kiat sukses yang bisa mendukung usaha pembesaran ikan lele Anda.

Buatlah pakan racikan sendiri

Loading...

Biaya pakan merupakan komposisi terbesar dalam modal produksi. Oleh karena itu, Anda harus menggunakannya secara efektif agar tidak membebankan modal produksi yang akan mengakibatkan tingginya harga jual ikan lele.

Biaya akan akan lebih efektif jika pakan diracik sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar lingkungan Anda. Dengan begitu, Anda bisa menekan ongkos produksi.

Berikan daun pepaya atau ketapang

Sebelum kolam digunakan untuk diisi oleh benih ikan lele, sebaiknya berikan cairan dari tumbukan daun pepaya atau ketapang ke dalam air. Hal tersebut berguna untuk mempersiapkan kolam agar sesuai dengan syarat hidup ikan lele.

Berikan pakan sedikit demi sedikit

Selain bahan pakan yang harus Anda perhatikan, cara pemberiannya pun harus diperhatikan. Berikan pakan sedikit demi sedikit tapi dengan frekuensi yang lebih sering. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi sifat lele yang sangat rakus. Jika pakan yang diberikan kebanyakan, bisa menyebabkan perut lele membuncit dan pecah.

Berikan pakan pelet

Jika Anda menggunakan pakan pelet, sebaiknya pemberiannya dilakukan dengan benar dan cukup untuk mempersingkat waktu budidaya. Ikan yang mendapatkan pakan dengan tepat pada umur 4—5 bulan sudah bisa mencapai bobot 200—300 gram.

Baca Juga:  Keuntungan Budidaya Ikan dan Sayur dalam Satu Tempat

Berikan vitamin dan probiotik

Untuk menunjang kesehatan ikan ternak, berikan tambahan vitamin dan probiotik agar ikan tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang mengintai.

Kiat sukses lainnya mengenai pembesaran lele, dapat Anda gali lebih lanjut pada buku Pembesaran Lele Secara Cepat, Panen 50 Hari terbitan Penebar Swadaya. Buku ini menyajikan cara pembesaran lele yang tepat, mulai dari pemilihan varietas lele unggul, wadah pemeliharaan lele, hingga proses panen dan pascapanen. Selain itu, disajikan pula beberapa tips dan strategi jitu yang praktis dan mudah untuk mendongkrak produksi lele dan hemat pakan.

Loading...
Loading...