Kiat Sukses Pembesaran Ikan Nila selama 2,5 Bulan

Pertanianku— Ikan nila merupakan salah satu ikan air tawar yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Permintaan ikan nila pun sangat tinggi. Oleh karena itu, budidaya ikan nila bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Bagi pemula, Anda bisa memulai dengan usaha pembesaran ikan nila yang lebih mudah. Pembesaran bisa dilakukan selama 2, 5 bulan jika berjalan dengan lancar. Berikut ini beberapa kiat sukses pembesaran nila selama 2,5 bulan.

pembesaran ikan nila
foto: pertanianku

Gunakan nila unggul

Saat ini sudah ada banyak varietas nila unggulan yang bisa didapatkan dengan mudah. Nila unggulan memiliki banyak kelebihan yang bisa memudahkan Anda selama proses budidaya, seperti tahan penyakit, tingkat pertumbuhan tinggi, serta rasa dagingnya disukai oleh masyarakat. Jenis nila unggul yang bisa Anda gunakan adalah nila merah silangan, nila gesit, nila BEST, dan nila #1.

Loading...

Pemilihan lokasi

Pemilihan lokasi dapat menentukan kelancaran usaha budidaya karena lokasi berhubungan erat dengan akses distribusi dan pertumbuhan ikan. Ada syarat utama yang harus dipenuhi saat memilih lokasi karena bisa berpengaruh terhadap kegiatan pembesaran. Syarat tersebut adalah jenis tanah dan air.

Fasilitas dan sarana produksi

Fasilitas yang dibutuhkan harus disediakan dengan matang karena memengaruhi kelancaran proses pemeliharaan. Fasilitas tersebut berkaitan dengan jenis wadah yang digunakan, serta beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti rumah karyawan atau rumah jaga dan kantor. Selain fasilitas, Anda juga harus menyediakan sarana produksi seperti benih, pakan, pupuk, obat-obatan, dan lain-lain.

Memulai pembesaran nila

Setelah semua fasilitas dan sarana produksi tersedia, Anda sudah bisa memulai usaha pembesaran nila yang diawali dengan persiapan kolam. Kolam harus diolah agar sesuai dengan kondisi habitat asli ikan nila. Setelah persiapan kolam, Anda sudah bisa mulai menebar benih dan merawatnya hingga tumbuh seukuran ikan konsumsi. Semua proses tersebut bisa Anda baca lebih lengkap dalam buku Pembesaran Nila 2,5 Bulan.

Pengendalian hama dan penyakit

Baca Juga:  Jangan Khawatir! Begini Cara Mengatasi Lele yang Terserang Penyakit

Anda bukan saja harus mempersiapkan fasilitas, sarana produksi, dan memelihara ikan nila untuk dibesarkan. Anda harus siap jika sewaktu-waktu terjadi gangguan yang disebabkan oleh hama dan penyakit. Kedua hal tersebut bisa mengganggu proses pembesaran, menurunkan hasil produksi, bahkan bisa menyebabkan kegagalan. Oleh karena itu, Anda harus mengantisipasinya dengan mengenali hama dan penyakit ikan nila.

Dalam buku Pembesaran Nila 2,5 Bulan membahas semua cara pembesaran ikan nila, mulai dari lokasi yang tepat, fasilitas yang dibutuhkan, pakan, hingga cara panen yang benar. Segera hubungi admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut.

Loading...
Loading...