Kiat Sukses Tingkatkan Produksi Susu Ternak

Pertanianku Setiap peternak memiliki kiat-kiatnya tersendiri dalam meningkatkan produksi susu hewan ternaknya. Sebagian peternak memanfaatkan limbah pertanian untuk mendongkrak produksi susu ternak. Tidak hanya itu, banyak cara yang dilakukan yang telah terbukti ampuh meningkatkan produksi susu ternak. Perhatikan beberapa kiat sukses untuk tingkatkan produksi susu ternak.

tingkatkan produksi susu ternak
foto: pixabay

Wafer daun katuk

Dwi Susanto merupakan peternak kambing perah dari Bogor yang menggunakan resep berbahan dasar daun katuk sebagai trik menambah produksi susu dari kambingnya. Pakan tersebut berasal dari hasil oplosan molase atau tetes tebu dan daun katuk yang disebut sebagai wafer.

Loading...

Wafer yang dibuatnya tidak hanya mampu membuat kambing ternaknya banjir susu, tetapi resep daun katuknya ini mampu membuat rasa serta aroma susu menjadi lebih gurih dan bebas dari aroma prengus khas kambing.

Proses pembuatannya pun cukup mudah untuk ditiru. Siapkan daun katuk dan jemur hingga benar-benar kering. Setelah daun kering, campurkan dengan tetesan tebu, lalu aduk hingga tercampur merata. Cetak campuran tersebut menjadi bulatan dan panaskan selama 15 menit dalam oven bersuhu 100°C. Dwi memberikan wafer pada sore hari setelah kambing makan sore.

Limbah kulit singkong

Limbah berupa kulit singkong atau ampas tapioka juga dapat dimanfaatkan oleh para peternak untuk meningkatkan produksi susu kambing. Limbah ini sangat mudah didapat dari pabrik pembuatan tapioka. Kedua jenis limbah ini mengandung protein yang tinggi sehingga pakan ini mampu meningkatkan produksi hingga 1,5—1,75 liter per hari dan rasa susu pun menjadi lebih gurih.

Pijat ambing hewan ternak

Selain pemberian pakan yang berkualitas, terapi pijat mampu meningkatkan produksi susu sebanyak 50 persen. Dwi yang merupakan peternak asal Bogor telah melakukan terapi pijat pada hewan ternaknya selama setahun dan berhasil mendapatkan jumlah susu yang lebih banyak. Selain jumlahnya yang meningkat, kualitas susu jadi membaik sehingga menyebabkan harga susu menjadi lebih tinggi.

Baca Juga:  Cara Membedakan Kelamin Jantan dan Betina pada DOC

Bebas stres

Selain pakan, kambing harus dijaga kondisinya agar tidak stres agar mampu tingkatkan produksi susu ternak. Kondisi yang stres mampu menurunkan produksi susu sebanyak 10—30 persen. Beberapa penyebab stres antara lain suasana yang bising dan sering dipegang-pegang.

Loading...
Loading...