Kick Off Organik Asia Congress (OAC) 2021

Pertanianku— Tahun ini Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah dalam perhelatan Organic Asia Congress (OAC) yang akan diadakan di Jakarta pada 22—27 November 2021. Kick off  Organic Asia Congress (OAC) 2021 dilaksanakan pada 26 Februari 2021 melalui proses penandatanganan Perjanjian Penyelenggara OAC, antara IFOAM Asia dengan Aliansi Organis Indonesia dan didukung oleh Yayasan Bina Swadaya, Aria Indofood, dan Yayasan Keanekaragaman Hayati.

organic asia congress
foto: Pertanianku

Acara tersebut disambut secara virtual oleh IFOAM Asia President, Zhou Zejiang, turut dihadiri secara virtual juga oleh Ketua Yayasan Bina Swadaya Bayu Krisnamurthi, Direktur Program Yayasan Kehati Rony Megawanto, serta perwakilan dari berbagai negara, seperti Korea Selatan, Cina, Jepang, India, Malaysia, dan Filipina.

Emilia Tri Setyowati, perwakilan Aliansi Organis Indonesia mengatakan bahwa pertanian organik di Indonesia memiliki peran yang sangat penting di Asia.

“Dalam percaturan pertanian organik, Indonesia hanya berada di urutan ke-21 tingkat dunia, tetapi produk-produk Indonesia sangat diminati. Jamu misalnya, mendapat perhatian penting dari Indonesia dan kopi kita menjadi nomor 5 di seluruh dunia,” tutur Emilia.

Pertanian organik di Indonesia kian kokoh ketika banyak masyarakat yang sudah mulai mengurangi penggunaan bahan kimia dan menerapkan pola hidup sehat.

Jumlah permintaan produk pertanian organik terus meningkat ketika pandemi melanda di seluruh dunia, bahkan kenaikannya hampir mencapai 300 persen, terutama untuk komoditas sayur, jamu mpon-mpon, dan madu.

“Peningkatan produksi dan konsumsi pertanian organik berikut produk-produk turunannya tidak lepas dari kiprah Aliansi Organis Indonesia yang didirikan di Seloliman Mojokerto pada 2002. Aliansi Organis Indonesia bertujuan untuk memperkuat dan memajukan gerakan pertanian serta fair trade di seluruh Indonesia dan juga untuk memperkuat para petani kecil di seluruh Indonesia,” papar Emilia.

Baca Juga:  Upaya Pemerintah untuk Mengatasi Stok Panen Lemon yang Mulai Menumpuk di Gudang

Dengan tema Asian Go Organic for a Healthier Planet, diharapkan event ini mampu memotivasi untuk meningkatkan pertanian organik dan fair trade di Indonesia.

“Gerakan semacam yang dilakukan oleh Organic Asia ini sangat penting karena kita tidak ingin kembali seperti sebelum ada Covid-19, tapi kita ingin lebih baik dari situasi dulu, atau dalam bahasa Inggrisnya build forward better. Dan menjadi organik, bersih, sustainable itu adalah bagian dari usaha build forward better,” jelas Bayu Krisnamurthi.


loading...