Kini Harga Bawang Putih Tembus Rp70.000 per Kg!

Pertanianku – Beberapa waktu lagi, seluruh umat muslim di Indonesia akan menjalankan puasa di bulan Ramadan. Sejak beberapa hari lalu, harga komoditas pangan telah mengalami kenaikan. Salah satunya adalah bawang putih yang terus meroket.

Kenaikan harga komoditas pangan ini juga terjadi di sejumlah pasar tradisional seputaran Bandar Lampung. Kenaikan tertinggi terjadi pada bawang putih yang menembus harga Rp70.000 per kg. Padahal, sepekan sebelumnya masih di kisaran Rp55.000 hingga Rp60.000 per kg.

Seperti di Pasar Pasir Gintung dan Pasar Induk Tamin, harga bumbu kebutuhan dapur mengalami kenaikan tertinggi dibanding harga bahan pokok lainnya menjelang Ramadan mendatang. Bawang mengalami kenaikan harga cukup drastis pada bulan ini menjadi Rp70.000 per kg. Pada bulan sebelumnya, harga bawang putih masih bertahan pada kisaran Rp50.000—Rp55.000 per kg.

Sementara itu, bawang merah juga mengalami kenaikan, tetapi belum terlalu signifikan. Pedagang menjual bawang merah seharga Rp30.000 per kg, sebelumnya hanya Rp25.000—Rp28.000 per kg. Menurut Iwan, penjual kebutuhan dapur rumah tangga di Pasar Induk Tamin, kenaikan bawang selalu terjadi menjelang Ramadan setiap tahunnya. Kenaikan terparah saat ini untuk bawang putih. Ia mengaku tidak mengetahui penyebabnya karena pasokan bawang masih lancar dan banyak.

“Harga bawang naiknya tinggi sampai Rp70.000 per kg. Saya tidak tahu kenaikan bisa naik tinggi,” ucap Iwan, seperti menansir Republika (10/5).

Dengan kenaikan harga tersebut para ibu rumah tangga terpaksa membeli bawang dengan cara eceran, tidak membeli untuk menyetok per pekan atau persediaan Ramadan mendatang.

“Saya hanya beli bawang putih paling banyak seperempat kilogram saja,” kata Idawati, seorang ibu rumah tangga di Bandar Lampung.

loading...
loading...