Kini Harga Bawang Turun Menyusul Cabai

0

Pertanianku – Bawang merah komoditas pangan yang ikut turun seperti cabai telah terjadi beberapa pekan terakhir. Faktor yang memengaruhi adalah cuaca dan juga pendistribusian.

“Dari pantauan kami harga cabai rawit hijau turun 4,1 persen, kemudian bawang merah turun 26,3 persen dan bawang putih penurunannya sebesar 5,8 persen,” jelas Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi Ayep Supriatna di Sukabumi, seperti melansir Republika (27/3).

Penurunan harga tersebut untuk cabai rawit hijau turun Rp2.000 dari harga pekan lalu Rp48.000 menjadi Rp46.000 per kg, bawang merah turun Rp10.000 yang awalnya Rp38.000 menjadi Rp28.000 per kg, dan bawang putih dari Rp34.000 menjadi Rp32.000 per kg. Turunnya harga bumbu dapur ini disebabkan oleh pasokannya meningkat akibat daerah penghasil komoditas tersebut mulai panen. Selain itu, intensitas hujan yang tidak terlalu tinggi sehingga produksi kembali meningkat. Sebab, tanaman ini tidak membutuhkan kadar air yang banyak.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan harga bawang dan cabai kembali meningkat jika permintaan bertambah. Ia berharap harganya bisa tetap stabil hingga Ramadhan mendatang.

“Secara rutin kami melakukan pemantauan harga ke setiap pasar tradisional. Selain harga, petugas juga memantau persediaan dan distribusi yang hingga sekarang masih tetap aman,” tambahnya.

Turunnya harga cabai rawit hijau dan bawang ini juga disambut baik pemilik warung sembako di wilayah Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, yakni Mimin. Ia mengatakan tidak lagi khawatir menyimpan persediaan dalam jumlah besar karena sudah sepekan pascaturunnya harga ini omzet dagangannya meningkat sekitar 10 persen.

“Untuk harga cabai rawit merah masih tetap mahal, yakni di atas Rp100.000 per kg, sehingga banyak konsumen/pelanggan saya yang beralih menggunakan cabai rawit hijau yang rasanya sama pedasnya,” tutupnya.

loading...
loading...