Kini Kolam Ikan Tak Perlu Dibersihkan Lagi, Gunakan Saja Eco-sand System!


Pertanianku – Bagi Anda yang memelihara ikan di kolam ataupun akuarium, kini tak perlu repot lagi untuk membersihkannya. Pasalnya, kini terdapat sebuah teknologi yang bernama Eco-sand System. Apa itu Eco-sand System?

Eco-sand System merupakan sistem filter kasat mata dan hanya menggunakan pasir khusus yang mengandung mikrobakteri dan mikroba. Teknologi ini merupakan hasil riset bertahun-tahun yang dikembangkan oleh ahli Animal Nutrition dan Animal Genetics lulusan Cornwel University di Amerika Serikat. Sistem ini mengubah ekosistem kolam ikan buatan dan akuarium layaknya ekosistem alami yang sehat dan sejernih air pegunungan.

Berbeda dengan sistem filtrasi lazimnya, Eco-sand System ini mampu mengonversi segala limbah yang dihasilkan dan mengubahnya menjadi nitrit dan nitrat. Berbeda dengan sistem filter konvensional biasa yang masih menghasilkan amonia berbahaya bagi kelangsungan hidup ikan dan habitat kolam. Dekomposisi alami dari limbah protein dalam Eco-sand System menghilangkan bau dari amonia dan hydrogen sulphide, bahkan bau amis dari ikan.

Sistem Eco-sand menggunakan bioteknologi yang bukan hanya menyaring kotoran, melainkan juga menguraikan kotoran ikan bahkan mengubahnya menjadi zat yang berguna yang tidak hanya untuk ikan, tapi juga habitat kolam atau akuarium tersebut. Dengan kata lain, jika ada tanaman air, tanaman tersebut akan tumbuh jauh lebih subur. Bahkan, air kolam yang menggunakan sistem Eco-sand dapat digunakan untuk menyiram tanaman.

Eco-sand System ini bisa digunakan atau diterapkan di kolam ikan lama atau kolam ikan baru ataupun kolam fiber. Eco-sand System ini dibuat tanpa mesin penyaring, tanpa ruang filter (chamber), perawatannya juga sangat efisien, Anda hanya perlu melakukan servis setahun 2 kali!

Air jernih mendekati kejernihan air gunung dan kejelasan tampak, tidak perlu kuras, ekonomis dan ramah lingkungan, tanpa bahan kimia, hemat listrik dan air karena Eco-sand hanya menggunakan pompa di beberapa poin/titik tergantung luas kolamnya, dan kualitas air jernih terjaga dan tidak berbau amis.

Baca Juga:  Cara Tepat Pemberian Pakan untuk Ikan Mas Koki
loading...
loading...