Kini Nasi Kuning Sudah Bisa Disajikan Hanya Dalam Waktu 5 Menit

PertaniankuNasi kuning merupakan salah satu hidangan khas Indonesia. Nasi ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan rempah-rempah seperti kunyit, santan, dan lain-lain. Hasil pemasakan tersebut menghasilkan nasi berwarna kuning yang gurih dan legit. Tak heran, hidangan tersebut sangat disukai masyarakat.

nasi kuning
foto: https://eorder-bppbj.jakarta.go.id/

Namun, pengolahan menu ini terbilang cukup lama. Anda harus mempersiapkan berbagai macam bumbu masakan. Hal ini dikarenakan banyaknya bahan-bahan yang dibutuhkan.

Saat ini, Anda bisa memasak nasi kuning dalam kurun waktu 5 menit. Karena saat ini sudah tersedia produk nasi yang sudah melalui proses instanisasi pangan. Produk ini dinilai lebih praktis, cepat, dan mudah saat diolah. Soal gizi, nasi instan ini juga mengandung gizi yang tinggi.

Loading...

Proses instanisasi tersebut dilakukan dengan pengeringan kadar air. Kadar air dikurangi hingga menjadi di bawah 15 persen. Produk tersebut dibuat oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui salah satu unit kerjanya.

Kepala Balitbangtan Dr. Fajdry Djufry, mengatakan bahwa produk nasi kuning instan ini diharapkan bisa menjadi pilihan masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu untuk menyajikan makanan.

“Selain itu ketersediaan produk nasi kuning instan dapat melestarikan keberadaan kuliner nasi instan serta dapat menekan kendala dalam penyimpanan dan distribusi,” ujar Fadjry seperti dikutip dari laman litbang.pertanian.go.id.

Meskipun instan, produk ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya proses produksi yang mudah, waktu rehidrasi singkat, dan bisa menyesuaikan masyarakat modern yang membutuhkan proses cepat.

Anda dapat meracik produk instan ini dengan cara menuangkan nasi instan ke dalam wadah dan masukkan air mendidih dengan perbandingan antara nasi instan dan air mendidih sebesar 1:4. Setelah itu, aduk dan tutup rapat selama 5 menit. Selanjutnya, tiriskan air dan diamkan nasi dalam keadaan tertutup, dan nasi  sudah siap disantap.

Baca Juga:  Balitbangtan Mengatasi Serangan Tungro di Sulawesi Selatan

Produk inovasi ini bisa menjadi salah satu produk usaha yang bisa dikembangkan oleh UKM. Saat ini sudah ada dua kemasan nasi kuning yang siap di pasaran, yaitu kemasan 200 gram dalam pouch dan kemasan 50 gram dalam cup.

 

Loading...
Loading...