Kini Sedang Tren Paprika Jadi Tanaman Hias

Pertanianku — Selama ini kita tahu bahwa paprika seringkali dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap untuk menghias makanan. Mempunyai buah dengan warna cerah, membuat paprika ternyata tampak cantik saat ditanam dalam pot. Oleh karena itu, tren paprika jadi tanaman hias kini semakin digandrungi masyarakat.

tren paprika jadi tanaman hias
Foto: Pixabay

Tidak hanya bagus menghias pekarangan, tanaman dari suku terong-terongan ini juga menyimpan banyak khasiat kesehatan. Di antaranya bisa menjaga sistem imun dan keremajaan kulit karena paprika kaya kandungan vitamin C. Selain itu, sayuran ini juga dapat menurunkan kolesterol, mengontrol diabetes, meredakan nyeri serta inflamasi karena mengandung capsaicin.

Paprika bisa tumbuh di berbagai iklim. Wilayah yang paling bagus untuk menanam paprika adalah daerah pengunungan. Kini, paprika juga menjadi buruan karena memiliki banyak manfaat. Efeknya, banyak petani lokal yang mulai menjajal untuk membudidayakan tanaman ini. Salah satunya Maulana, petani sekaligus pemilik Ruang Rimbun asal Jakarta yang sudah menanam paprika sejak 1,5 tahun lalu.

Loading...

Melansir Kontan.com, ketertarikannya berawal dari warna dan bentuk buahnya yang menarik. Kini, dia memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumahnya di Balaraja, Tangerang Barat, untuk budidaya paprika.

Setelah habis diborong konsumen, Maulana kini baru memulai kembali proses semai. Tidak seperti lainnya, dia memilih untuk membibitkan sendiri tanaman paprikanya. “Sempat menggunakan biji impor, tapi tidak ada yang berhasil. Jadi semua benih saya buat sendiri dari buah paprika yang sudah matang,” jelasnya.

Untuk harganya dibanderol Rp15.000 per pohon berumur satu bulan dan Rp20.000 per bungkus yang berisi 10 biji. Menggunakan media online dan marketplace sebagai jaringan penjualan, membuat jangkauan konsumennya cukup luas sampai ke seluruh wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Cirebon.

Baca Juga:  Semerbak, Gunakan Tanaman Hias Ini untuk Usir Bau

Adelina pemilik Go Green Living asal Kalimantan Timur juga menuai untung dari berbudidaya Paprika. Pasalnya, saban bulannya tidak kurang dari 20—50 tanaman paprika laku terjual.

Sementara ini, konsumennya masih berasal dari sekitar tempat tinggalnya. Maklum saja, dia menjual tanaman ini melalui toko rekanannya. Untuk harganya dipatok Rp15.000 per tanaman dengan umur dua bulan. Sementara, untuk benihnya sekitar Rp5.000 per bungkus (isi tiga sampai empat biji).

Dia mengaku kebanyakan konsumennya membeli tanaman paprika untuk dijadikan hiasan di rumah. “Tanaman ini dapat ditanam di dalam pot berdiameter 30 cm sehingga cocok dijadikan hiasan,” jelasnya.     

Loading...
Loading...