Kini Ubi Ungu Dapat Menjadi Pengganti Beras

Pertanianku – Ubi ungu termasuk salah satu sumber pangan yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Selain memiliki rasa yang lezat dan mengenyangkan, ubi ungu juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Namun, tahukah Anda jika ubi ungu dapat dijadikan pengganti makanan pokok alias nasi?

Guru Besar Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS., mengatakan ubi ungu kaya akan kandungan gizi mikro dan makro yang dibutuhkan tubuh.

“Selain mengandung karbohidrat kompleks, ubi ungu juga kaya akan serat yang baik untuk saluran cerna,” kata Prof. Ali.

Tak hanya itu, Prof. Ali juga mengungkapkan, ubi ungu juga kaya akan anti-oksidan alami seperti antosianin dan karoten yang bermanfaat bagi kesehatan. Antosianin merupakan anti-oksidan yang lebih kuat dari vitamin C.

“Zat ini dapat memberikan perlindungan tubuh dari racun, radikal bebas, dan antibakteri patogen. Oleh karena itu, ubi ungu tergolong superfood karena kandungan anti-oksidan ini,” imbuhnya.

Pakar teknologi pangan dari Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi, MSc., menambahkan, di sejumlah daerah di Indonesia, ubi ungu telah lama dibudidayakan dan diolah menjadi berbagai kudapan seperti bolu, bakpia, dan keripik. Namun, keajaiban dari kandungan ini hanya bisa maksimal dirasakan melalui pengolahan yang tepat.

“Dengan teknologi terkini, yakni drum drying, kandungan gizi di dalam ubi ungu bisa dipertahankan, sehingga manfaatnya tetap terjaga dan aman dikonsumsi sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi sekalipun,” ungkapnya.

loading...
loading...