Kiprah Keluarga Zosteropidae


Pertanianku – Pleci memiliki ukuran tubuh yang terbilang kecil. Di kalangan penggemar burung, ternyata punya banyak nama. Penggemarnya sampai-sampai memproklamirkan julukan untuk mereka dengan pleci mania.

Kiprah Keluarga Zosteropidae

Kacamata alias pleci atau zosterops, termasuk keluarga besar suku Zosteropidae. Kerabatnya banyak menyebar di berbagai belahan benua, baik di Afrika, Asia, dan Australia. Di bumi nusantara, tercatat lebih kurang 35 jenis pleci. Para peneliti burung mengenalnya sebagai burung kunyit sebab warna bulunya kuning seperti kunyit. Kacamata merupakan burung yang hidup bergerombol atau berkoloni dengan makanan di alam liarnya berupa buah-buahan, nektar bunga, dan serangga. Burung mungil ini termasuk burung yang monomorfik, artinya burung berkelamin jantan dan betina memiliki tampilan fisik yang sama. Namun, dengan pengamatan fisik yang lebih seksama, kita bisa membedakan jenis kelaminnya.

Pada dasarnya, keberadaannya di pasaran dan kiprahnya sebagai burung peliharaan rumahan bisa dikatakan sudah cukup lama. Nilai jual burung kacamata sebenarnya relatif murah dan sangat terjangkau bagi penggemar burung berkicau kalangan bawah, terutama yang masih bakalan atau baru ditangkap dari alam bebas. Banyak hal yang membuat kiprah burung kacamata semakin diburu, terlebih setelah dikonteskan.

 

Sumber: Buku Burung Pleci

 

loading...
loading...