Kitolod, Obat Tetes Mata dari Alam


Pertanianku Kitolod adalah salah satu jenis tanaman yang cukup mudah untuk ditemui dan tumbuh liar di tempat lembap seperti selokan, pinggir sungai, pematang sawah, atau sekitar danau. Tanaman kitolod juga sering dijadikan sebagai tanaman hias oleh sebagian masyarakat karena bentuk tanamannya yang bagus dan cantik.

Kitolod
Foto: Google Image

Tahukah Anda, jika beberapa bagian tanaman kitolod ini memiliki kandungan dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan mata? Tapi, Anda harus hati-hati dengan getah kitolod yang berwarna putih lantaran mengandung toksin (racun).

Secara keseluruhan, tanaman kitolod ini mempunyai kandungan berupa alkaloid, flavonoid, saponin, dan polifenol. Bunga kitolid inilah yang dapat digunakan sebagai obat tetes mata, menyembuhkan luka, serta sakit gigi.

Akan tetapi, lebih baik Anda berkonsultasi dengan pakar herbal bersertifikat terlebih dahulu sebelum akhirnya mengonsumsi kitolod sebagai obat herbal.

Cara membuat obat herbal untuk tetes mata cukup sederhana. Berikut langkah-langkahnya.

  • Petik bunga kitolod beberapa tangkai, kemudian masukkan ke gelas berisi air bersih, diamkan beberapa menit.
  • Setelah itu, ambil dan teteskan dari ujung tangkainya pada bagian mata kanan dan kiri (masing-masing dua tetes) atau pada bagian mata yang sakit saja.
  • Pada saat penggunaan, mata akan terasa perih dan terasa lengket. Tapi, jangan khawatir karena efek itu hanya sebentar. Lakukan pengobatan ini berulang-ulang, minimal 3 kali sehari.
Baca Juga:  Rempah Ini Ampuh Turunkan Gula Darah
loading...
loading...