Kiwano Melon, Buah Aneh Seperti Telur Alien


Pertanianku — Hal paling keren tentang buah kiwano melon adalah nilai kejutan dari penampilannya. Bentuk fisiknya terlihat seperti mainan anjing daripada buah. Kiwano melon juga memiliki warna yang unik, yaitu kekuningan di bagian luar dan hijau di bagian dalamnya.

kiwano melon
Shutterstock

Melansir Fit Samford WebMD, 18 Mei 2016, beberapa orang menyebut kiwano melon dengan nama “blowfish fruit” karena terlihat seperti ikan puffer beracun. Terkadang dijual dengan nama melon bertanduk atau melon bertanduk afrika. Tapi sekarang sebagian besar diimpor dari Selandia Baru atau tumbuh di California.

Bagaimana cara memakannya?

Meski terlihat eksotis, melon kecil yang funky ini terasa seperti campuran pisang, limau, dan mentimun. Dan, seperti pisang, buah ini tidak harus didinginkan.

Sangat tidak mungkin untuk mengupas kulit kiwano. Namun, bukan berarti Anda juga boleh mengonsumsi kulitnya. Anda hanya perlu memotong melon hingga terbuka dan merogoh bagian dalamnya.

Seperti melon lain pada umumnya, atau seperti blewah dan melon, kiwanos memiliki banyak biji, bahkan bagian dalamnya hampir semuanya berisikan biji.

Secangkir kiwano melon memiliki sekitar 4 gram protein, yaitu sama dengan 1 sendok makan selai kacang. Selain itu, terdapat 287 miligram potassium yang sebanding dengan sekitar setengah jumlah dalam pisang, serta memiliki sekitar 100 kalori vitamin A dan C.

Baca Juga:  Tips Membuat Perangkap Lalat Buah dari Botol Bekas