KKP Bangun Kawasan Tambak Udang Percontohan di Lampung

Pertanianku — Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sedang merancang kawasan tambak budidaya udang percontohan di Kabupaten Lampung Selatan. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung program Perhutanan Sosial di berbagai daerah. Budidaya udang dipilih oleh KKP karena kawasan tersebut dinilai sudah menjadi area budidaya udang eksisting seluas lebih kurang 312 hektare. Namun, kawasan budidaya tersebut belum dikelola secara optimal.

tambak udang
foto: kkp.go.id

Program Perhutanan Sosial merupakan salah satu program rancangan Presiden Joko Widodo untuk membangun akses kepada masyarakat sekitar dalam memanfaatkan lahan Perhutani untuk kegiatan usaha produktif yang dapat menghasilkan pendapatan agar kesejahteraan masyarakat sekitar meningkat.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebajakto, dalam keterangannya mengatakan pihaknya berkomitmen untuk membantu program tersebut untuk memberikan dampak positif bagi perekonomian warga lokal, seperti di kawasan Kabupaten Lampung Selatan.

Loading...

“Banyak lahan yang sebenarnya potensial untuk pengembangan budidaya ikan/udang di tambak. Saya kira program perhutanan sosial bisa menjadi pintu masuk bagaimana usaha budidaya udang bisa diperkenalkan dan menjadi alternatif usaha bagi masyarakat sekitar. KKP siap untuk mendukung ini dan tentu menjadi bukti bahwa negara hadir dalam memberikan akses ekonomi bagi masyarakat sekitar,” jelas Slamet seperti dikutip dari laman kkp.go.id.

Sebelumnya, program pengembangan kawasan budidaya udang melalui program perhutanan sosial juga sudah dilakukan di Kabupaten Bekasi, yaitu di Muara Gembong. Presiden Joko Widodo juga ikut melakukan tebar perdana untuk mengawali panen.

Kawasan percontohan budidaya udang merupakan contoh atau model pengelolaan budidaya udang semi-intensif secara berkelanjutan. Seluruh manajemen budidaya dilakukan secara terintegritas, menerapkan biosekuriti dan pengelolaan limbah yang benar serta menerapkan manajemen usaha yang dilakukan secara kolektif.

Pengadaan kawasan percontohan diharapkan dapat menjadi contoh budidaya yang baik dan dapat diadopsi oleh masyarakat sekitar untuk meningkatkan manajemen budidaya sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal serta lingkungan budidaya tetap terjaga.

Baca Juga:  Kiat Sukses Memelihara Ikan Patin

KKP melalui Ditjen Perikanan Budidaya akan merancang kawasan tambak udang, rehabilitasi saluran irigasi, dan dukungan sarana budidaya. KKP juga berharap kontribusi dari kawasan perhutani untuk membantu legalitas lahan dan kelompok masyarakat, PLN untuk akses energi listrik, Kementerian PUPR untuk akses infrastruktur jalan, BUMN Perbankan untuk akses permodalan, dan beberapa instansi terkait lainnya.

 

Loading...
Loading...