KKP Beri Pelatihan Pembuatan Pempek Ikan kepada 2.501 Peserta

Pertanianku — Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan (Puslatluh KP) menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Pempek Ikan secara cuma-cuma pada 3—4 Juni 2020. Pelatihan tersebut disambut antusias oleh masyarakat sehingga jumlah pesertanya membludak hingga 2.501 peserta.

pelatihan pembuatan pempek
foto: pertanianku

Para peserta tersebut berasal dari 34 provinsi di Indonesia dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda-beda, mulai dari ASN, ibu rumah tangga, wirausahawan, mahasiswa, hingga tenaga medis.

Kepala Puslatluh KP, Lily Aprilya Pregiwati, mengatakan pelatihan tersebut diselenggarakan karena tingginya permintaan masyarakat setelah diselenggarakannya Pelatihan Pembuatan Kerupuk Amplang dan Pelatihan Pembuatan Unagi Donburi pada 20 Mei 2020.

Loading...

“Pelatihan olahan ikan ini ternyata direspons sangat positif oleh masyarakat. Oleh karena itu, kami melakukan voting di media sosial tentang materi pelatihan yang diinginkan. Hasilnya, mayoritas masyarakat yakni sebesar 30 persen menginginkan pelatihan pembuatan pempek sehingga kita selenggarakan hari ini,” tutur Lily Aprilya Pregiwati seperti dikutip dari laman kkp.go.id.

Pelatihan ini difasilitasi oleh Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BP3) Tegal melalui demonstrasi yang diberikan instruktur via aplikasi Zoom. Sementara itu, para peserta mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dari rumah masing-masing dengan bahan dan alat yang sudah dipersiapkan oleh peserta sendiri.

Kepala BP3 Tegal, Muchlisin, berharap kegiatan ini bisa menciptakan wirausaha baru di bidang perikanan pada skala indsutri perumahan sehingga dapat menjadi solusi untuk mengembalikan kondisi perekonomian yang sedang kurang baik di tengah pandemi Covid-19. Pelatihan ini juga diharapkan dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan pendapatan para pelaku yang sudah bergerak di bidang perikanan.

Ada 4 hal yang harus diperhatikan oleh peserta agar produk pempek ikan mereka bisa bersaing di pasaran. Pertama adalah kemasan produk yang inovatif serta menarik. Kedua, rasa dari produk yang dibuat harus bisa mengambil hati para konsumen agar mereka akan membeli lagi di kemudian hari. Rasa pempek yang bagus adalah enak, kenyal, tidak bantet, dan tidak ada rasa tepung.

Baca Juga:  Penyebab Gatal Setelah Makan Ikan Laut

Ketiga, peserta harus memerhatikan nutrisi produk pempek yang dibuat. Keempat, sarana prasarana dan material yang digunakan. Gunakan sarana prasarana sesuai dengan volume produksi yang diinginkan sehingga dapat memudahkan proses produksi. Selain itu, penting menggunakan bahan material yang segar agar menghasilkan produk berkualitas.

Loading...
Loading...