KKP dan Komisi IV DPR RI Serahkan Sembako dan APD untuk Nelayan Tasikmalaya

Pertanianku— Pandemi Covid-19 membuat banyak sektor menjadi lumpuh, para nelayan dan pembudidaya ikan di Tasikmalaya juga merasakan dampak dari pandemi tersebut. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Komisi IV DPR RI memberikan bantuan untuk nelayan dan pembudidaya ikan di Tasikmalaya berupa 1.000 sembako dan APD (alat pelindung diri).

KKP
foto: pixabay

Selain bantuan sembako dan APD, KKP juga memberikan bantuan berupa klaim premi asuransi nelayan, klaim asuransi BPJS Ketenagakerjaan, serta permodalan KUR dari BLU LPMUKP dan Perbankan. KKP juga menyerahkan bantuan untuk pengembangan perikanan budidaya berupa eskavator, paket budidaya sistem bioflok, bantuan pakan ikan mandiri, dan bantuan calon induk ikan.

Staf ahli Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut, Pamuji Lestari, menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan merupakan wujud nyata dari hadirnya wakil rakyat di tengah masyarakat untuk menjaga kejayaan sektor kelautan dan perikanan.

Loading...

“Kami juga sampaikan terima kasih kehadiran Bupati Tasikmalaya Bapak Ade Sugianto yang diwakili Pak Kadis beserta Forkopimda Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Tasikmalaya hingga Kecamatan Cikalong. Kegiatan ini sangat positif untuk membantu masyarakat perikanan di tengah pandemi Covid-19,” tutur Pamuji Lestari seperti dikutip dari kkp.go.id.

Pamuji juga memberikan apresiasi kepada para nelayan, pembudidaya ikan, pelaku usaha, dan pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan.

“Tanpa kerja keras dan jasa Bapak/Ibu sekalian, kita semua tidak mungkin dapat menikmati hidangan ikan sebagai sumber protein hewani yang menyehatkan dan mencerdaskan. Selain itu, Bapak/Ibu secara nyata juga turut menggerakkan perekonomian di Tanah Air,” ungkapnya.

Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga, M. Zaini, berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal oleh para nelayan. Bantuan yang diberikan merupakan salah satu implementasi dari arahan Presiden RI ke Menteri Kelautan dan Perikanan.

Baca Juga:  Sapera, Kambing Perah Asal Indonesia yang Cepat Berkembang Biak

Sementara itu, anggota Komisi IV DPR RI, Haerudin, mengingatkan kepada para nelayan dan pembudidaya ikan harus memerhatikan protokol kesehatan dalam bekerja. Haerudin meminta kepada para nelayan harus optimis untuk mengatasi masa pandemi ini.

Haerudin juga menekankan agar potensi perikanan di Jawa Barat seperti di Tasikmalaya ini bisa terus dioptimalkan, termasuk di dalamnya infrastruktur pelabuhan perikanan dan perumahan nelayan.

Loading...
Loading...