KKP Dorong Nelayan Jaga Harga dan Kualitas Ikan dengan TPI Higienis

Pertanianku — Tempat Pelelangan Ikan (TPI) higienis di pelabuhan perikanan membawa dampak positif terhadap kualitas ikan hasil tangkapan nelayan. Fasilitas ini dapat menjaga mutu ikan, kebersihan, dan kesegarannya. Dengan begitu, harga jual hasil tangkapan nelayan jauh lebih baik.

TPI higienis
foto; Pixabay

TPI higienis di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) terus dimaksimalkan dengan menggandeng pemerintah daerah. Sejak 2019, nelayan secara bertahap pindah dari TPI lama ke TPI baru untuk mencegah kepadatan bongkar ikan dan menjaga kualitas ikan. Tak hanya nelayan dengan kapal di bawah 5 GT, nelayan yang menggunakan kapal penangkap berukuran 10 GT dengan alat tangkap purse seine ikut pindah ke TPI yang baru.

Kepala PPN Pengambengan, Andi Mannojengi, menjelaskan, TPI higienis di Pengambengan dibangun pada 2017. Pihaknya akan terus mensosialisasi dan mengedukasi nelayan serta pelaku usaha agar aktivitas perikanan dapat dilakukan di sana.

“TPI ini dibangun oleh KKP, namun berdasarkan UU tentang pemerintah daerah, pengelolaan dan penyelenggaraan TPI dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Dalam hal ini adalah Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jembrana yang terus bersinergi dengan kami selaku unit pelaksana teknis KKP,” papar Andi seperti dilansir dari laman kkp.go.id.

Andi mengatakan saat ini PPN Pengambengan memiliki dua TPI yang berfungsi untuk mengurai kepadatan kapal perikanan dan aktivitas bongkar ikan. TPI lama secara bertahap akan diperbaiki dan ditingkatkan fasilitasnya agar sesuai dengan standar TPI higienis.

Sebelumnya, kawasan TPI higienis sempat mengalami kendala karena tangga yang terlalu curam. Namun, permasalahan tersebut sudah diselesaikan dengan dukungan dana CSR dari PT STP (Sarana Tani Pratama).

Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap sudah menerapkan pengolahan TPI higienis sejak 2017 di pelabuhan perikanan. TPI ini dapat menghapus kesan TPI kotor dengan sanitasi yang kurang layak.

Baca Juga:  Memahami Kebiasaan Ikan Gurami di Alam Bebas

Petugas yang bekerja di TPI baru harus menerapkan standar penanganan ikan yang baik, seperti menggunakan sepatu boots dan keranjang ikan yang bersih untuk menjaga mutu ikan.