KKP Genjot Program Gemarikan dengan Bazar


Pertanianku — Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar Bazar Produk Perikanan 2017 dalam rangka kampanye Gemarikan di pelataran Lippo Mall Kemang.

gemarikan
Shutterstock

Pelaksanaan bazar tersebut bekerja sama dengan Direktorat Pemasaran Dalam Negeri, Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan. Acara yang akan dilangsungkan dari Selasa (7/11) hingga Minggu (12/11) ini menghadirkan para penjual produk perikanan. Mulai dari produk olahan sampai produk siap makan.

Adapun produk hasil perikanan yang ditawarkan meliputi ikan segar, ikan beku, dan produk olahan basah dan kering seperti udang segar, fillet, frozen food, snack. Ada pula kuliner seperti siomay, pempek, dimsum, dan sebagainya.

Dirjen PDSPKP, Nilanto Perbowo menegaskan, penyelenggaraan bazar kali ini terbilang istimewa. Hal itu karena bersamaan dengan event yang juga digaungkan KKP, yakni pameran Indonesia Pearl Festival ke-7.

Ia juga menuturkan, dengan adanya acara ini, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa ikan menjadi tumpuan sumber protein. Dan, lebih mendorong tumbuhnya budaya makan ikan dan kuliner ikan di masyarakat.

“Acara ini menjadi sangat penting dilakukan, terutama untuk memastikan konsumsi ikan per kapita masyarakat Indonesia yang harus terus naik dari waktu ke waktu. Ikan bagus untuk kecerdasan dan pertumbuhan anak, terutama di 1.000 hari pertama masa kehamilan si ibu hingga bayinya berumur 3 tahun, proteinnya bagus,” papar Nilanto, di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan.

Berdasarkan data, angka konsumsi ikan nasional pada 2016 mencapai 41,74 kg/kapita. Sementara, pada 2017 konsumsi ikan nasional ditargetkan sebesar 43-an kg/kapita.

“Tentu ini membutuhkan kerja keras dan dukungan dari stakeholders termasuk mitra Gemarikan. Dan ini artinya KKP peduli untuk mendukung terlaksananya program ini dengan baik,” ungkap Nilanto.

Baca Juga:  Mayoritas Penduduk AS Tidak Mencukupi Konsumsi Buah dan Sayur

Nilanto menjelaskan, pelaksanaan program Gemarikan tidak hanya menjadi tugas dari KKP sebagai instansi teknis yang membidangi kelautan dan perikanan. Namun, juga menjadi tugas seluruh komponen institusi, lembaga, dan masyarakat dalam rangka mempersiapkan generasi bangsa yang sehat dan cerdas.

loading...
loading...