KKP Ingin Nelayan Mendapatkan Uang Pensiun agar Perikanan Semakin Maju

Pertanianku — Kementerian Kelautan dan Perikana (KKP) berencana akan mengeluarkan beberapa target terbaru untuk meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan nelayan, salah satunya dengan memastikan jaminan hari tua berupa uang pensiun untuk nelayan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono.

uang pensiun untuk nelayan
foto: Pixabay

“Nelayan yang bekerja di situ harus memiliki tiga hal yang selalu saya canangkan. Nomor satu adalah asuransi kecelakaan, nomor dua asuransi kesehatan, dan tunjangan hari tua. Jadi, nelayan dimulai di 3 WPP LIN ini adalah nelayan yang memiliki pensiun di hari tuanya, saat tidak melaut lagi. Nah, ini harus disiapkan,” tutur Trenggono seperti dikutip dari laman kkp.go.id.

Selain itu, Trenggono juga menargetkan adanya transformasi sistem penangkapan ikan dan pengawasan terhadap kapal dengan memanfaatkan teknologi informasi. Upaya tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas nelayan, menjaga kualitas produk, dan menjamin keberlanjutan populasi perikanan di laut Indonesia.

Trenggono menjelaskan, penerapan tata kelola perikanan yang baik menjadi salah satu daya tarik untuk pelaku usaha yang ingin berinvestasi. Dengan adanya dana investasi di kawasan lumbung ikan nasional (LIN), industri perikanan di dalam negeri bisa lebih maju dan berkembang.

Menteri juga meminta kepada jajarannya untuk rutin berkoordinasi dengan lembaga terkait serta pemerintah daerah. Pasalnya, seluruh program yang ada bisa berjalan baik melalui berbagai tantangan yang ada apabila dilakukan secara bersama-sama sehingga hasil output yang didapatkan lebih maksimal.

“Itu butuh effort yang begitu panjang. Hardware dan software yang harus disiapkan supaya nanti Pak Bahlil (Kepala BKPM) bisa menjual sarana ini, dia bisa bilang kita ikannya bagus-bagus, semuanya sehat dan sarana pengolahannya bagus. Silakan investor datang melakukan industrialisasi di sini,” papar Trenggono.

Baca Juga:  Kandungan Nutrisi Daging Ikan Patin

Diberitakan dari laman yang sama, Trenggono bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Deputi Sumebr Daya Maritim Kemenko Marves Safri Burhanuddin baru saja melakukan kunjungan di Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, yang merupakan bagian dari lokasi LIN.