KKP Lepas Liarkan Ikan Oliv di Kabupaten Merauke

Pertanianku — Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) melakukan pelepasliaran ikan oliv berukuran 5—10 cm di Bendali Soedirman Distrik Semangga, Kabupaten Merauke. Kegiatan ini merupakan upaya untuk menjaga kelestarian ikan oliv yang merupakan endemik di daerah paling timur Indonesia.

ikan oliv
foto: kkp.go.id

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk melestarikan dan diharapkan ikan endemik di Kabupaten Merauke tetap lestari,” tutur Kepala BKIPM, Rina, seperti dikutip dari laman kkp.go.id.

Pelepasliaran benih ikan atau restocking adalah bagian dari kegiatan Bulan Mutu Karantina Ikan Tahun 2020 melalui Bakti Lingkungan yang dilakukan oleh Stasiun Karantina Ikan, Pengendalikan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Merauke.

Loading...

Menurut Rina, ikan oliv merupakan ikan hias yang hidup di perairan tawar Kabupaten Merauke. Populasi ikan tersebut harus terus dijaga untuk keseimbangan keindahan alam dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar di Merauke.

Ikan yang dilepasliarkan diperoleh dari masyarakat atau pengepul dan lokasi pelepasliaran dilakukan di Bendali Soedirman, yakni di sebuah waduk buatan yang berjarak 500 meter dari Kantor Kepala Marga Mulya atau sekitar 30 menit dari Kota Merauke. Lokasi tersebut dipilih berdasarkan keberadaan alaminya.

Kepala SKIPM Merauke, Nikmatul Rochimah, menjelaskan alasan lain terkait lokasi yang dipilih untuk melepasliarkan ikan oliv. Lokasi tersebut dipilih karena kondisi volume air yang tetap stabil meskipun saat musim kemarau serta relatif minimnya ikan introduktif invasif seperti ikan gabus.

Kegiatan pelepasliaran ikan dilakukan pada pukul 11:00 WIT, pada saat kondisi sedang cerah. Ikan yang akan dilepasliarkan harus diaklimatisasi tersebut dahulu selama 5—10 menit.

“Melalui pelepasliaran ini semoga keberadaan ikan oliv yang sudah jarang ditemukan kembali berkembang dan lestari dan tentunya bermanfaat untuk masyarakat Merauke,” jelas Nikmatul.

Baca Juga:  Pengembangan Usaha Garam Rakyat (PUGaR), Program Prioritas Nasional KKP

Kegiatan pelepasliaran ikan oliv turut mengundang Dinas Perikanan, Kepala Kampung Marga Mulya Distri Semangga Kabupaten Merauke, Satwa SDKP Merauke, dan LPSPL Sorong Satker Merauke.

Loading...
Loading...