KKP Menggelar Pelatihan Pembuatan Es Krim Rumput Laut

Pertanianku — Setelah sukses mengadakan beberapa pelatihan diversifikasi produk perikanan, kini Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) kembali menyelenggarakan pelatihan online dengan tema Pelatihan Pembuatan Es Krim Rumput Laut yang diikuti oleh 1.871 peserta dari 34 provinsi.

es krim rumpu laut
foto: unsplash

Pelatihan pembuatan es krim rumput laut digelar selama dua hari, yaitu 9—10 Juni 2020 dan dilakukan melalui Zoom Meeting serta ditayangkan streaming melalui YouTube. Pelatihan ini merupakan inisiasi dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP).

Kepala BRSDM, Sjarief Widjaja, mengatakan rumput laut merupakan salah satu komoditas unggulan dari Indonesia. Pada 2019 tercatat nilai ekspor rumput laut mencapai USD 324,84 juta, jumlah ini lebih banyak 11,31 persen dari 2018. Sejak 2014, pertumbuhan nilai ekspor rumput laut tercatat sebesar 6,5 persen per tahun.

Loading...

KKP menginginkan para pelaku eksportir tidak hanya mengekspor rumput laut dalam bentuk bahan baku mentah, KKP mendorong pengolahan rumput laut menjadi aneka produk yang beragam yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

“Kita ingin mendorong pengolahan rumput laut di dalam negeri sehingga manfaat ekonomi yang dirasakan langsung masyarakat dan pembudidaya rumput laut dapat dimaksimalkan,” tutur Sjarief Widjaja seperti dikutip dari laman kkp.go.id.

Salah satu produk yang bisa diciptakan dari rumput laut adalah es krim rumput laut. Ada banyak jenis rumput laut yang tersebar di Indonesia, para peserta harus mengenal jenis-jenis rumput laut terlebih dahulu agar mengetahui jenis rumput laut yang tepat untuk dijadikan bahan baku es krim.

Proses pembersihan rumput laut harus dilakukan dengan benar, pastikan kadar air di dalamnya rendah. Prinsip pengolahan produk ini adalah mengubah rumput laut menjadi tepung yang bisa digunakan sebagai bahan baku alternatif dalam pembuatan menu makanan.

Baca Juga:  Serat Pohon Pisang Abaka, Sumber Serat Alami yang Terkenal di Pasar Ekspor

Sjarief berharap pelatihan ini bisa menciptakan pengusaha-pengusaha baru yang mengolah rumput laut menjadi produk es krim yang bernilai jual tinggi. Pelatihan yang digelar oleh KKP adalah pelatihan untuk menciptakan produk yang bernilai jual dari komoditas perikanan sehingga bisa menjadi mata pencaharian yang menjanjikan bagi masyarakat.

 

Loading...
Loading...