KKP Salurkan Bantuan Pakan Ikan Mandiri untuk Pembudidaya di Blitar

Pertanianku— Kementerian Kelautan dan Perikanan terus berupaya untuk menggenjot hasil produksi. Salah satunya dengan memberikan bantuan langsung berupa produk pakan ikan mandiri yang diproduksi oleh Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (UPT-DJB) untuk 5 kelompok pembudidaya di Blitar dan 1 kelompok di Madiun. Total bantuan yang sudah diberikan sebanyak 18 ton pakan ikan mandiri.

pakan ikan mandiri
foto: pertanianku

Pakan bantuan tersebut diproduksi oleh Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara. Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, berharap bantuan yang sudah diberikan oleh pemerintah dapat berkontribusi dalam menjaga geliat pembudidaya skala kecil untuk terus berproduksi.

“Program bantuan pakan ikan mandiri merupakan salah satu program prioritas KKP yang berdampak langsung kepada pelaku usaha perikanan. Selain menjaga roda ekonomi masyarakat, bantuan ini juga merupakan upaya pemerintah untuk menjaga stok kebutuhan ikan, khususnya produk perikanan budidaya di daerah,” tutur Slamet seperti dikutip dari laman kkp.go.id.

Loading...

Hingga saat ini, semangat para pembudidaya ikan masih cukup tinggi seiring dengan permintaan pasar terhadap produk perikanan yang masih cemerlang. Permintaan tersebut datang dari dalam negeri dan luar negeri. Saat ini permintaan tersebut sudah kembali normal setelah melewati masa PSBB pandemi Covid-19 yang menyebabkan imbas ke berbagai sektor kehidupan, termasuk sektor perikanan.

“Dengan berbagai upaya dan stimulus yang telah diberikan oleh pemerintah, semoga dapat mempercepat pemulihan ekonomi seperti sedia kala,” kata Slamet.

Sepanjang 2020, KKP sudah memberikan bantuan berupa pakan mandiri hingga Mei sebanyak 254,675 ton. Bantuan tersebut disalurkan kepada 219 kelompok pembudidaya ikan di 13 provinsi dan 42 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Kepala BBPBAP Jepara, Sugeng Raharjo, mengatakan BBPBAP Jepara mendukung penuh program pemerintah untuk menjaga kondisi perekonomian masyarakat, khususnya untuk pembudidaya ikan. BBPBAP Jepara ikut mendukung Gerakan Pakan Ikan Mandiri (Gerpari) dan optimis hal ini bisa menjadi salah satu stimulus untuk menggerakkan perekonomian.

Baca Juga:  Intip Kawasan Buah dan Sayur di Area Food Estate Kalteng

Sugeng menyampaikan masyarakat tidak perlu khawatir dengan kualitas pakan mandiri yang dihasilkan oleh BBPBAP Jepara. Seluruh pakan dibuat dengan bahan baku berkualitas dan sudah mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI).

Loading...
Loading...