KKP Tingkatkan Program Minapadi


Pertanianku – Guna mengoptimalkan budidaya padi dan juga perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mulai menggenjot program minapadi di Kabupaten Sukabumi.

Sukabumi dipilih menjadi daerah yang akan dipercaya KKP mengembangkan minapadi karena melihat potensi yang cukup besar dalam pengembangan perikanan dan pertanian di Jawa Barat (Jabar).

“Tahun ini KKP menyalurkan bantuan percontohan minapadi di Sukabumi sebesar Rp 1,65 miliar,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Slamet Soebjakto dilansir dari Republika (11/9).

Slamet mengatakan di Jabar total bantuan untuk kelompok tani program minapadi mencapai Rp1,98 miliar untuk 60 hektare. Sementara, secara nasional mencapai Rp6,93 miliar untuk 210 hektare lahan pertanian.

“Pengembangan minapadi di Desa Cikurutug, Sukabumi ini baru pertama kali dilakukan. Di mana ada sebagian warga yang belum tahu nilai lebih dari pengembangan minapadi dan belum mau menerapkannya,” terang Slamet.

Lebih lanjut Slamet mengatakan, penerapan minapadi dengan mengurangi lahan sekitar 20 persen untuk pemeliharaan ikan tidak menurangi produktivitas padi. Justru kata dia ikan akan terhindar dari serangan serangga atau hama.

Slamet menyebutkan pupuk dari ikan akan menyebabkan pertumbuhan rumpun semakin banyak dan bulir padinya bagus.

Jika dilihat dari jumlah benih ikan yang ditebarkan di sawah, per meternya sebanyak dua ekor. Di Desa Cikurutug ada seluas 20 hektare areal yang menerapkan minapadi. Dengan begitu, 20.000 meter dikali 2 sehingga tersebar 40.000 benih.

Jenis ikan yang ditebarkan kata Slamet, yakni ikan nila hitam.

“Pertama dengan jenis ikan gampang, nanti dengan gurame, udang galah dan koi sehingga akan meningkat lagi,” imbuh dia.

Minapadi merupakan program bagus untuk peningkatan nilai ekonomi karena selain padi ada ikan yang bisa dipanen. Intinya lanjut dia program ini sangat sempurna dalam membangun ketahanan pangan.

Baca Juga:  Produksi Kopi Lampung Anjlok
loading...
loading...