Koala si Menggemaskan Ternyata Bisa Buas

Pertanianku — Sering digambarkan sebagai hewan lucu nan menggemaskan, ternyata koala merupakan hewan liar dan buas. Tak banyak yang tahu bahwa koala tidak seperti yang selama ini ditampilkan. Beberapa hal di bawah ini adalah fakta tentang koala yang sebaiknya Anda ketahui.

koala merupakan hewan liar
Foto: freepik

Koala merupakan hewan yang agresif. Ia tak segan-segan menyerang siapa pun ketika merasa terancam. Hewan asli Australia ini senang berada di atas pohon dan memakan daun eukaliptus. Namun begitu wilayahnya terganggu, ia akan menunjukkan keagresifannya, menyerang lawan.

Hewan yang satu ini memiliki cakar tajam. Cakar tersebut digunakan untuk melukai lawannya. Selain cakar, senjata lain yang dimiliki hewan mungil ini adalah gigi. Koala bisa memberikan gigitan yang sangat kuat.

Loading...

Saat menggigit, koala akan menekankan giginya ke bagian dalam kulit. Ia pun tidak akan melepaskan gigitan tersebut. Anda baru bisa terbebas dari gigitan koala jika bisa menarik rahang hewan tersebut dan kedua tangannya. Namun, hal ini cukup fatal karena bisa menyebabkan sang lawan atau yang digigit mendapat perawatan serius.

Binatang mamalia bernama ilmiah Phascolarctos cinereus ini dikenal sebagai salah satu binatang berkantung atau marsupial. Kantongnya tidak begitu terlihat, tidak seperti kanguru.

Nama koala sendiri dalam bahasa Australia pribumi berarti “tidak minum”. Julukan ini diberikan karena hewan berbulu abu-abu ini jarang ditemukan sedang mengonsumsi minuman. Hal ini karena asupannya berupa daun eukaliptus sudah mengandung banyak air. Namun, koala tetap minum dan membutuhkan air untuk proses metabolismenya.

Anda pasti mengetahui bahwa koala hidup di atas pepohonan. Namun, hewan yang satu ini ternyata memiliki kemampuan untuk berlari dengan kecepatan tinggi. Hindari berada di dekat koala yang sedang ganas karena ia bisa mengejar Anda.

Baca Juga:  Seluas 141,6 Hektare Hutan Gunung Rinjani Terbakar

Karena berukuran tubuh kecil, koala juga memiliki kepala yang lebih kecil. Hal tersebut juga berdampak pada besarnya otak yang dimiliki koala. Jika diukur, otak koala hanya berukuran kurang lebih sebesar kacang walnut.

Namun, tingkah laku koala yang kurang bisa mengendalikan pikirannya juga dipengaruhi karena rasio badan dan otaknya jauh lebih kecil ketimbang jenis mamalia lain. Oleh karena itu, kemampuan berpikirnya pun tidak sebaik hewan lainnya.

Loading...
Loading...