Kohaku, Pola Warna Ikan Koi yang Sering Jadi Juara

    Pertanianku — Di antara 15 pola warna ikan koi, Kohaku masuk dalam tiga besar pola warna yang kerap menjadi juara pada ajang perlombaan ikan koi. Kohaku memiliki warna dasar putih dengan corak merah seperti bendera Jepang. Ikan koi dengan pola warna Kohaku sering diangap sebagai ikan pertama dan terakhir.

    kohaku
    foto: pexels

    Predikat sebagai ikan pertama dan terakhir karena pemula biasanya memilih kohaku sebagai ikan koi pertamanya, lalu berpindah ke varietas lain, dan pada akhirnya kembali lagi ke pola warna ini.

    Pola warna Kohaku yang paling bagus adalah warna dasar putih yang menyerupai salju, tidak boleh putih kekuningan, atau putih kecokelatan. Sementara, pada corak merah memiliki warna merah pekat, tetapi tetap cerah terang. Corak merah yang kerap dijumpai ada dua macam, merah dengan dasar ungu dan cokelat kekuningan.

    Loading...

    Warna merah dengan dasar ungu biasanya lebih pekat dan tidak mudah luntur, tetapi permukaannya tidak halus. Sementara, corak merah dengan dasar cokelat kekuningan lebih halus, tidak mudah luntur tetapi sulit untuk didapatkan.

    Secara garis besar, Kohaku dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Komoyo dan Omoyo. Komoyo merupakan Kohaku yang memiliki bercak merah dengan ukuran yang kecil. Sementara, Omoyo memiliki corak yang berukuran besar.

    Pola warna ini juga bisa dibedakan menurut aliran corak merah pada tubuhnya, yaitu Renzokomoyo dan Danmoyo. Renzokomoyo memiliki corak merah tidak putus dari kepala hingga pangkal ekor. Sementara, Danmoyo memiliki corak merah yang putus-putus.

    Kualitas pola warna ini pada dasarnya harus memiliki warna merah yang pekat tetapi tetap terlihat cerah. Sementara, pada bagian putihnya terlihat bersih sehingga dapat menghasilkan kombinasi warna merah dan putih yang sangat kontras. Corak merah yang terdapat pada tubuh ikan tidak menutupi bagian mata, hidung, pipi, bibir, dan tutup insang.

    Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Madu Deli, Jambu Semanis Madu Tidak Berbiji

    Posisi corak warna merah pun harus terletak secara proporsional antara sisi kiri dan kanan. Pada bagian sirip, tidak terdapat corak merah. Pola warna ini semakin indah saat terdapat perbatasan yang jelas antara warna putih dan merah pada tubuh ikan koi Kohaku yang terlihat tegas dan jelas, tidak memudar.

     

     

     

     

     

    Loading...
    Loading...