Kohibora, Komunitas Hidroponik yang Berfokus Mengedukasi Masyarakat Bertanam Hidroponik

Pertanianku — Hidroponik mungkin sudah tidak asing bagi Anda. Teknik bertanam ini sangat familiar di masyarakat Indonesia. Banyaknya pegiat hidroponik melahirkan berbagai komunitas sebagai wadah untuk saling berbagi. Salah satu komunitas yang saat ini cukup besar adalah Komunitas Hidroponik Bogor Raya atau Kohibora yang berada di Kota Bogor.

komunitas hidroponik
foto: Pertanianku

Komunitas ini diketuai oleh Hanny Nabila, seorang pensiunan yang masih bersemangat untuk berbagi ilmu tentang hidroponik. Fokus komunitas ini adalah berbagi dan mengedukasi masyarakat untuk bertani hidroponik. Kohibora berdiri sejak Desember 2017 dan kini telah memiliki anggota lebih dari 300 orang.

Anggota yang tergabung dalam komunitas ini dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa hingga pensiunan. Mereka berasal dari latar belakang pendidikan hingga profesi yang berbeda-beda. Meskipun pusat komunitas ini berada di Bogor, banyak anggota kelompok yang berasal dari luar kota seperti di Batam, Bandung, Subang, dan Kalimantan.

“Saya juga pensiunan, kita itu tidak mau dibilang orang yang sudah tua dan tidak berkarya. Jadi, kita gimana caranya kita harus berbangga diri. Cucu saya juga bangga saya bisa menanam anggur, dia bisa memetik, dia bisa panen. Itu dari lingkungan terkecil. Anak-anak saya juga bangga. Jadi, saya ajak teman-teman saya dari berbagai kalangan disiplin ilmu,” tutur Hanny.

Kohibora telah menjalin kerja sama dengan beberapa instansi besar, seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Komunitas ini mendapat kepercayaan untuk membimbing masyarakat penjaga hutan agar bisa bertanam hidroponik.

Upaya yang dilakukan Kohibora terbilang sukses. Keberhasilan tersebut membuat Kohibora kembali dipercaya untuk mengedukasi masyarakat di desa pedalaman Kalimantan Tengah.

Selain mengedukasi masyarakat mengenai hidroponik, Kohibora juga kerap membagikan bantuan kepada masyarakat menengah ke bawah dalam bentuk bibit gratis dan pelatihan gratis agar mereka bisa mendapatkan hasil panen dan menjualnya sebagai sumber pendapatan.

Baca Juga:  Lakukan Ini Sebelum Menanam Cabai

Kohibora juga kerap memproduksi beberapa produk hasil pertanian seperti ecoprint, kerajinan tangan untuk membentuk pola di bahan atau kain dengan menggunakan bahan alami seperti daun atau bunga.