Kolam Pembenihan Ikan yang Ideal

Pertanianku — Kolam yang baik dapat menunjang keberhasilan proses pembenihan ikan. Kolam pembenihan ikan harus ideal bagi pertumbuhan dan perkembangan ikan sehingga kolam tidak boleh dibuat sembarangan. Berikut ini beberapa kriteria kolam pembenihan ikan yang ideal untuk digunakan.

kolam pembenihan ikan
foto: pertanianku

Tidak bocor

Agar kolam tidak mudah bocor, konstruksi pematang harus dibuat dengan baik sehingga kolam dapat menahan jumlah air yang masuk. Selain itu, bahan yang digunakan untuk dijadikan pematang harus diperhatikan. Pematang kolam sebaiknya dibuat dari bahan yang kedap air dan tahan lama, misalnya kolam beton atau terpal yang lebih murah.

Pematang juga dapat terbuat dari tanah, tapi pastikan tanah yang digunakan tidak bocor dan mampu menahan volume air.

Mudah dialiri air

Kolam pembenihan ikan harus mudah dialiri air. Apabila Anda menggunakan sumber air dari alam, letak kolam harus lebih rendah dari sumber air. Untuk sumber air dari sungai, cukup pasang pipa paralon yang tersambung ke saluran permukaan air. Dengan demikian, air dapat langsung masuk ke kolam saat saluran dibuka.

Sementara itu, jika Anda menggunakan sumber air dari sumur, air yang dialiri ke bak perlu ditampung terlebih dahulu sebelum dialiri ke dalam kolam.

Mudah dikeringkan

Kolam yang baik harus mudah dikeringkan dengan cepat. Oleh karena itu, kolam memerlukan saluran pengeluaran yang dapat memudahkan air keluar. Saluran tersebut terletak lebih tinggi dari saluran pembuangan. Dengan demikian, ketika outlet dibuka, air dapat mengalir sendiri tanpa memerlukan bantuan pompa. Selain waktu pengeringan lebih cepat, bagian dasar kolam juga lebih cepat kering.

Mudah dikelola

Tak hanya pematang yang harus kuat dan mudah dialiri air, bagian kolam yang lain juga harus mudah dikelola. Oleh karena itu, sebaiknya ukuran kolam tidak terlalu luas, maksimal hanya sekitar 20 m2. Jika jumlah ikan yang akan dipelihara banyak, sebaiknya buat menjadi dua kolam atau lebih.

Baca Juga:  Memahami Kebiasaan Ikan Gurami di Alam Bebas

Kolam berukuran tidak terlalu luas dapat memudahkan Anda untuk mengontrol, baik dari segi pemberian pakan maupun pemeliharaannya.