Kolam Pemijahan Ikan Lele

Pertanianku – Kolam pemijahan ikan lele yang akan diuraikan di sini adalah kolam pemijahan secara massal yang dilakukan di kolam luas. Namun, saat ini pemijahan ikan lele sudah banyak dilakukan di kolam khusus pemijahan berukuran 3 m x 2 m. Ukuran kolam seperti itu bisa digunakan untuk memijahkan induk lele sebanyak 2—3 pasang. Pemijahan lele secara massal menggunakan kolam yang diberi sarang untuk bertelur pada pinggirannya. Sarang dapat dibuat dalam kolam pemijahan itu sendiri maupun di luar kolam pemijahan yang dihubungkan dengan pralon ke kolam pemijahan.

Kolam pemijahan ikan lele

Ada cara lain untuk mempermudah perawatan induk, yaitu dengan membuat dua macam kedalaman pada kolam pemijahan sehingga pada saat kolam dikeringkan, induk tidak perlu dipindahkan dari kolam pemijahan. Selama diadakan perbaikan kolam maupun pengeringan dasar kolam, induk lele dapat dirawat dan diberi pakan di kolam yang lebih dalam. Banyaknya sarang disesuaikan dengan panjang sisi dan jarak untuk setiap sarang 1 m. Ukurantempat untuk sarang 30 cm x 30 cm x 30 cm.

Kolam dengan sarang di dalam kolam pemijahan sebaiknya ditembok seluruhnya. Sementara itu, kolam pemijahan dengan sarang di luar kolam boleh tidak ditembok, tetapi untuk sarang mutlak harus ditembok dengan menggunakan batu bata atau batako. Pralon yang digunakan berdiameter 4 inci dan dipasang 5 cm dari dasar.

 

Sumber: Buku Aneka Kolam Ikan

 

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Kolam Tanah untuk Pemijahan Belut

loading...