Kolam pemijahan ikan nilem

Pertanianku – Ikan nilem (Osteochillus hasseltii) bisa dipijahkan di kolam pemijahan asalkan aliran airnya deras. Untuk keberhasilan pembenihan ikan nilem, diperlukan kolam yang sedikit berbeda dengan kolam pemijahan ikan tawes maupun ikan mas. Ada tiga cara pemijahan ikan nilem yang umum dikenal masyarakat, yaitu sebagai berikut.

Kolam pemijahan ikan nilem

A. Cara tarogong

Kolam pemijahan terpisah dengan kolam penetasan. Pada sudut kolam pemijahan terdapat bagian yang dangkal yang biasanya disukai oleh ikan nilem untuk memijah. Pada bagian ini ditumbuhkan rumput dan bagian atasnya ditutupi daun kelapa yang berfungsi sebagai peneduh. Pada bagian bawah kolam pemijahan terdapat kolam penetasan telur yang ukurannya lebih kecil dengan dasar berpasir.

B. Cara galunggung

Cara ini menggunakan kolam pengendapan untuk memperoleh air yang jernih pada kolam pemijahan maupun kolam penetasan. Kolam penetasan dibuat lebih lebar agar kapasitas telur lebih banyak dan untuk telur lebih merata. Pada saluran pemasukan dari kolam pemijahan ke kolam penetasan dibuat bagian yang lebih tinggi dengan cara ditembok atau dibatu.

C. Cara magek

Cara magek menggunakan kolam pemijahan berukuran kecil untuk memperoleh aliran air yang deras. Sementara itu, kolam penetasan dibuat lebih lebar untuk mendapatkan hasil penetasan telur yang maksimal.

 

Sumber: Buku Aneka Kolam Ikan

 

Baca Juga:  Sneakers Ramah Lingkungan dari Limbah Sekam Padi

loading...